test

Kesehatan

Selasa, 27 Juni 2023 10:04 WIB

Awas, Ini Lima Bahaya Terlalu Lama Pakai Sepatu High Hells

Editor: Hadi Ismanto

Selain nyeri dan pegal-pegal, ternyata ada banyak bahaya menggunakan sepatu hak tinggi. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Mungkin hampir semua perempuan pernah memakai sepatu hak tinggi atau high hells. Namun, tak sedikit dari mereka yang mengeluh nyeri dan pegal setelah berjam-jam memakai sepatu berhak tinggi atau high hells.

Selain nyeri dan pegal-pegal, ternyata ada banyak bahaya menggunakan sepatu hak tinggi lainnya yang tanpa disadari mengintai berbagai anggota tubuh Anda.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (27/6/2023), ada beberapa dampak buruk memakai high heels bagi kesehatan. Berikut penjelasannya:

1. Penyakit Tulang Belakang
Dampak buruk memakai high heels lainnya dapat berpengaruh pada tulang belakang. Hal ini dikarenakan keselarasan tulang belakang berubah saat memakai high heels.

Memakai high heels terlalu lama dapat menyebabkan tulang belakang bergerak secara tidak wajar dan menyebabkan penekanan pada otot daerah lumbar. Kondisi ini akan menyebabkan timbulnya rasa sakit, mati rasa, sakit pada punggung bagian bawah, dan kesemutan.

2. Varises
Penggunaan high heels akan membuat pergerakan kaki menjadi terbatas. Hal ini dapat membatasi sirkulasi darah pada anggota tubuh bagian bawah.

Karena efisiensi aliran darah terganggu, maka dapat terjadi pelebaran pembuluh darah vena pada tungkai yang dikenal dengan varises. Dalam jangka panjang, varises dapat menyebabkan pembengkakan dan rasa nyeri pada kaki yang terkena.

3. Berjalan Tidak Seimbang
Penggunaan high heels secara tidak langsung dapat mengubah postur tubuh. Hal ini dikarenakan tidak semua perempuan dapat menyeimbangkan dengan baik saat memakai high heels.

Kondisi ini dapat membuat proses berjalan menjadi sangat tidak nyaman bagi beberapa perempuan. Kecenderungan kehilangan keseimbangan bahkan risiko jatuh.

4. Cedera Lutut
Tumpuan yang salah ketika menggunakan high heels akan menyebabkan berat badan lebih tertumpu pada bagian tengah lutut. Kondisi ini dapat menyebabkan peningkatan risiko cedera lutut.

5. Kuku Kaki Tumbuh ke Dalam
Sebuah studi membuktikan penyebab utama kuku tumbuh ke dalam adalah pemakaian high heels. Menghilangkan kuku yang mengalami pertumbuhan ke dalam akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

BERITA TERKAIT