test

News

Selasa, 27 Juni 2023 09:53 WIB

Tiga Minggu Dibentuk, Satgas TPPO Tangkap 623 Tersangka

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Satuan Tugas (Satgas) Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) Bareskrim Polri saat ini sudah dibentuk selama 3 minggu sejak tanggal 5 Juni 2023.

Hingga tanggal 25 Juni 2023, Satgas TPPO Bareskrim Polri dan Polda jajaran sudah menerima laporan polisi yang terkait TPPO sebanyak 536 laporan.

“Jumlah tersangka pada kasus TPPO ini sebanyak 623 tersangka,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Senin (26/6/2023).

Total jumlah korban yang berhasil diselamatkan oleh Satgas TPPO Bareskrim Polri dan Polda jajaran dalam rentang waktu 3 minggu tersebut yakni sebanyak 1.789 orang.

“Modus yang dilakukan masih 4. Pertama adalah pekerja migran ilegal atau pembantu rumah tangga sebanyak 396, ABK (anak buah kapal) 9, PSK (pekerja seks komersial) 147, dan eksploitasi anak sebanyak 35,” ungkap Ramadhan.

Salah satu kasus TPPO yang berhasil diungkap yakni dengan modus prostitusi online untuk dijadikan PSK di wilayah hukum Polres Madiun. Seorang tersangka berinisial N bin S diduga bertindak sebagai muncikari yang menjual sendiri istrinya berinisial SF.

“Pelaku menjual perempuan/istrinya sendiri saudari SF, untuk dijadikan PSK dengan diberi bayaran Rp 200 ribu dan pelaku mendapatkan komisi Rp 100 ribu,” ucap Ramadhan.

BERITA TERKAIT