test

Kesehatan

Minggu, 2 Juli 2023 13:39 WIB

Matikan, Ini Lima Manfaat Berhenti Merokok Bagi Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Merokok dapat menyebabkan gangguan kesehatan. (Foto: PMJ News/Ilustrasi)

PMJ NEWS - Sejumlah penelitian mengungkap kebiasaan merokok berbahaya dan dapat menyebabkan komplikasi kesehatan hingga menyebabkan kematian. Banyak efek buruk yang didapat dari merokok.

Akan tetapi, bagi sebagian perokok tentu menganggap berhenti merokok menjadi hal tersulit dilakukan. Namun kenyataannya, manfaat berhenti merokok sebanding dengan perjuangannya.

Manfaat berhenti merokok ini bisa dirasakan mulai dari jangka pendek hingga jangka panjang. Segera setelah berhenti merokok, tubuh mulai memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh merokok dan terus memperbaiki diri dalam jangka panjang.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (2/7/2023), berikut manfaat berhenti merokok bagi kesehatan secara keseluruhan.

1. Lebih Banyak Energi
Manfaat berhenti merokok jangka pendek dan jangka panjang adalah dapat membuat tubuh lebih berenergi. Seiring dengan membaiknya pernapasan dan aktivitas fisik, peningkatan oksigen dalam tubuh juga akan memberi lebih banyak energi.

2. Tingkatkan Kekebalan Tubuh
Berhenti merokok meningkatkan sirkulasi, meningkatkan kadar oksigen, dan menurunkan peradangan. Efek ini semuanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ketika berhenti merokok, sistem kekebalan tubuh tidak lagi terkena tar dan nikotin. Ini membuat tubuh menjadi lebih kuat, dan akan cenderung tidak mudah sakit.

Berhenti merokok juga akan meningkatkan aliran darah ke luka, memungkinkan nutrisi penting, mineral, dan oksigen mencapai luka dan membantunya sembuh dengan baik.

3. Turunkan Resiko Kanker
Berhenti merokok akan mencegah kerusakan DNA baru terjadi dan bahkan dapat membantu memperbaiki kerusakan yang telah dilakukan.

Berhenti merokok segera adalah cara terbaik untuk menurunkan risiko terkena kanker khususnya kanker paru-paru dan kanker tenggorokan. Manfaat berhenti merokok ini didapat setelah 5 hingga 10 tahun berhenti.

4. Turunkan Resiko Penyakit Jantung
Merokok adalah penyebab utama serangan jantung dan penyakit jantung. Merokok bisa meningkatkan tekanan darah dan detak jantung.

Berhenti segera dapat menurunkan tekanan darah dan membuat jantung berdetak normal. Berhenti merokok juga akan menurunkan kadar kolesterol dan lemak yang bersirkulasi dalam darah. Ini membantu memperlambat penumpukan timbunan lemak baru di arteri.

5. Turunkan Resiko Penyakit Paru-paru
Kerusakan paru-paru sangat sulit disembuhkan, Merokok sangat berpengaruh pada kesehatan paru-paru. Ini membuat berhenti merokok sangat penting sebelum paru-paru mengalami kerusakan permanen.

Berhenti merokok dapat membuat pernapasan lebih mudah dan terhindar dari penyakit paru-paru. Pada 1 hingga 9 bulan setelah berhenti merokok, batuk, sesak napas, dan hidung tersumbat akan berkurang.

BERITA TERKAIT