test

News

Minggu, 9 Juli 2023 18:11 WIB

Kemenhub Intensif Uji Coba LRT Jabodebek Sebelum Beroperasi Komersil

Editor: Hadi Ismanto

Kementerian Perhubungan secara intensif melakukan serangkaian pengujian LRT Jabodebek. (Foto: PMJ News/Dok Kemenhub)

PMJ NEWS - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) secara intensif melakukan serangkaian pengujian LRT Jabodebek. Mulai dari sisi kesiapan sarana, prasarana maupun Sumber Daya Manusia (SDM).

Hal ini dilakukan untuk memastikan kesiapan operasi dan aspek keselamatan LRT Jabodebek telah terpenuhi ketika nantinya telah dioperasikan secara komersial.

"Serangkaian pengujian ini kami lakukan sampai dengan LRT Jabodebek dinyatakan lulus uji dan tersertifikasi serta laik operasi," ujar Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati dikutip dari laman resmi Kemenhub, Minggu (9/7/2023).

"Mudah-mudahan seluruh pengujian berjalan lancar sehingga sudah bisa dioperasikan sesuai target yaitu pada Agustus 2023," sambungnya.

Setelah dilakukan serangkaian pengujian tersebut, Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) akan mengeluarkan sertifikat hasil pengujian. Kemudian akan dikeluarkan izin operasi oleh Menteri Perhubungan (Menhub).

"Pengujian akan terus kami lakukan bersama dengan pihak operator. Jika masih ditemukan adanya kekurangan, tentunya harus segera dilakukan perbaikan dan penyempurnaan," tuturnya.

Direncanakan, uji coba terbatas (trial operation) LRT Jabodebek akan dilakukan pada 12 Juli hingga Agustus 2023 mendatang. Ditargetkan sudah beroperasi secara komersial pada 18 Agustus 2023 mendatang.

Saat ini, Kemenhub bersama operator LRT Jabodebek juga tengah mempersiapkan skema pelaksanaan uji coba terbatas, diantaranya yaitu: terkait waktu operasi/berapa trip dalam sehari, kapasitas maksimal penumpang, rute perjalanan, dan lain sebagainya.

"Kami terus berkoordinasi intensif dengan operator LRT, konsultan pengawas, dan pihak terkait lain untuk mempersiapkannya dengan matang, sehingga pada saat uji coba nanti dapat berjalan dengan mulus tanpa hambatan sampai nantinya beroperasi," tukasnya.

BERITA TERKAIT