test

Suara Pemilu

Jumat, 28 Juli 2023 17:45 WIB

Jelang Pemilu, KPU Siapkan 2.700 Desain Surat Suara dan Kotak Suara Karton

Editor: Hadi Ismanto

Ketua Komisi Pemilihan Umum RI, Hasyim Asy'ari saat memberikan keterangan pers.(Foto: PMJ News/Dok KPU)

PMJ NEWS - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari menyebut pihaknya telah menyiapkan lebih dari 2.700 desain surat suara di Pemilu 2024. Menurut dia, KPU akan kembali menggunakan kotak suara bahan karton

"Surat suara kan ragamnya juga banyak, karena daerah pemilihan kita untuk Pemilu 2024 mulai Pemilu Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota itu lebih dari 2.700 dapil, sehingga desain surat suara juga lebih dari 2.700 desain," jelas Hasyim Asy'ari kepada wartawan, Jumat (28/7/2023).

Lebih lanjut Hasyim mengatakan, dalam mempersiapkan surat suara harus tepat dan teliti. Pasalnya, sistem proporsional terbuka mengharuskan kertas suara di setiap daerah berbeda-beda, mengingat nama calon legislatif (caleg) harus tercetak dalam surat suara.

"Karena sistemnya proporsional daftar calon terbuka, nama calon dicetak dalam surat suara, dan juga dicetak di dalam formulir. sehingga harus tepat, misalkan ini untuk pemilu jenis apa, daerah mana, karena nama-nama calegnya kan beda-beda," terangnya.

Hasyim mengungkapkan, surat suara dan formulir merupakan instrumen penting dalam pemungutan suara. Karena itu, dia menyebut dalam mengatur jenis surat suara perlu ketepatan.

"Harus ada ketepatan, ini surat suara untuk daerah mana, Pemilu jenis apa, termasuk formulir juga gitu," ucapnya.

Sementara untuk kotak suara, Hasyim menyebut Pemilu 2024 tetap akan menggunakan karton duplex dengan kabel ties. Kotak suara itu sama seperti Pemilu 2019. "(Kotak suara) istilahnya karton jenis duplex kedap air seperti Pemilu 2019," tukasnya.

BERITA TERKAIT