test

News

Kamis, 3 Agustus 2023 14:41 WIB

Ancaman El Nino, Menko Pereknomian Tegaskan Stok Beras Nasional Aman

Editor: Ferro Maulana

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: PMJ News/Instagram @airlanggahartarto).

PMJ NEWS -  Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan stok beras nasional dalam kondisi aman meskipun dunia di tengah ancaman fenomena iklim angin musim kering (El Nino). 

Airlangga menerangkan, atas instruksi Presiden Joko Widodo kepada seluruh jajaran menteri berkenaan dalam mempersiapkan dan memastikan ketersediaan beras nasional terpenuhi di tengah berbagai tantangan itu.  

“Kita bersyukur berdasarkan data dari Kementerian Pertanian sampai dengan September nanti kita masih punya overstock [kelebihan stok] di atas 2,7 juta ton,” tuturnya, melansir Instagram @airlanggahartarto_official, Kamis (3/8/2023). 

Namun demikian, dalam rapat terbatas yang dilangsungkan Rabu, (2/8/2023) di Istana Negara, Airlangga menyebutkan Jokowi meminta jajaran menterinya agar tetap serta senantiasa berhati-hati terkait ancaman fenomena El Nino yang mampu memicu kekeringan  sekaligus menurunnya produktivitas pertanian.

“Harus kerjasama dan gotong royong antar kementerian dan lembaga agar dapat memastikan kebutuhan pangan. Khususnya beras terpenuhi dan para petani kita tidak dirugikan akibat fenomena El Nino,” tandasnya.

BERITA TERKAIT