test

News

Jumat, 4 Agustus 2023 12:21 WIB

Marak Kecelakaan, Kemenhub: Sepeda Listrik Usia Paling Rendah 12 Tahun

Editor: Ferro Maulana

Anak-anak main sepeda listrik. (Foto: Istimewa)

PMJ NEWS -  Beberapa hari terakhir marak kecelakaan yang melibatkan anak-anak pengendara sepeda listrik dengan mobil boks di jalan raya.

Menjamurnya produk sepeda listrik, anak-anak pun marak menggunakan sarana tersebut sebagai mainan.

Menanggapi hal itu, Direktur Sarana Transportasi Jalan Ditjend Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Danto Restyawan menjelaskan, penggunaan sepeda listrik pada dasarnya tidak diperuntukkan bagi anak di bawah umur. 

"Sepeda listrik kecepatan maksimumnya adalah 25 km per jam. Ketentuan menggunakan sepeda listrik harus menggunakan helm, usia paling rendah 12 tahun," ungkapnya kepada wartawan, Kamis (3/8/2023).

Menurut Danto, hal itu penting untuk ditekankan mengingat maraknya kecelakaan sepeda listrik umumnya disebabkan oleh penggunaannya dilakukan di luar ketentuan regulasi.

Aturan itu tertulis dalam  Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 45/2020 tentang Kendaraan Tertentu dengan Menggunakan Penggerak Motor Listrik.

Berpedoman dalam aturan tersebut, Danto kembali mengatakan penggunaan sepeda listrik pada dasarnya harus dioperasikan di lajur khusus pada kawasan tertentu.

Seperti, kawasan wisata, kawasan perkantoran, area di luar jalan, wilayah pemukiman, dan area di luar jalan.

Jika lajur khusus dimaksud tidak tersedia, maka penggunaan sepeda listrik bisa dioperasikan di trotoar dengan kapasitas memadai dan memperhatikan keselamatan pejalan kaki.

 

BERITA TERKAIT