test

News

Jumat, 4 Agustus 2023 19:21 WIB

Korlantas Polri Luncurkan Buku Soal-soal Ujian untuk Pembuatan SIM

Editor: Ferro Maulana

Penulis: Fajar Ramadhan

Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi dan jajarannya. (Foto: PMJ News/ Fajar)

PMJ NEWS -  Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi menyampaikan bahwa pihaknya sudah resmi meluncurkan buku yang berisi soal-soal mengenai ujian teori untuk pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Firman mengatakan buku itu nantinya akan tersedia secara elektronik (ebook) untuk diunduh dan juga secara fisik yang rencananya akan disebarkan di tempat publik.

“Di sini ada beberapa macam soal yang persis akan dihadapi oleh teruji,” ujar Firman di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat, Jumat (4/8/2023).

Firman mengatakan, dengan adanya buku berisi soal-soal ujian teori itu diharapkan masyarakat yang akan membuat SIM tidak mengeluh belum mempelajari materi yang diujikan.

“Sekarang kami hidangkan buku ujian teori SIM C dan SIM A, nanti ke depan moga-moga SIM B1 dan B2 melalui e-book bisa dilihat di dalamnya, mulai dari pengetahuan lalu lintas sampai contoh soal,” kata Firman.

Lebih lanjut, Firman menyampaikan nantinya dari buku tersebut akan dikeluarkan saat ujian teori sebanyak 65 soal untuk dikerjakan dan dijawab.

“Di situ nanti ada dihadapkan kepada situasi-situasi dan dituntut apa yang harus dikerjakan dan dijawab dengan tepat ya, ada berhenti, rem, kurangi kecepatan, pasang sein, dan sebagainya,” paparnya.

“Artinya kita ingin menyampaikan inilah bentuk transparansi daripada kita Korlantas bahwa tidak ada yang rahasia di lalu lintas. Bahkan seluruh masyarakat harus tahu tentang apa yang harus dikerjakan,” jelas Firman menutup pembicaraan.

 

BERITA TERKAIT