test

Kesehatan

Senin, 7 Agustus 2023 10:04 WIB

Wajib Tahu, Ini Lima Manfaat Kunyit Putih Bagi Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Meski belum banyak dikenal seperti kunyit kuning, ternyata kunyit putih memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Mungkin sebagian orang hanya tahu kunyit dengan warna kuning, ternyata ada satu jenis kunyit lain yang berwarna putih. Meski belum banyak dikenal, kunyit putih memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Manfaat kunyit putih bagi kesehatan berasal dari kandungan kurkumin dan terpenoid di dalam tanaman. Kedua zat tersebut berperan sebagai antioksidan dan bersifat antikanker, antiradang, dan antinyeri.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (7/8/2023), berikut sederet manfaat kunyit putih bagi kesehatan tubuh:

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan
Kunyit putih dipercaya dapat mengatasi berbagai gangguan pencernaan seperti mual, nyeri perut, kembung, dan gerakan usus yang tidak normal. Ekstrak kunyit putih yang dapat digunakan bisa dalam bentuk minyak yang dioleskan atau dikonsumsi secara langsung.

2. Anti Kanker
Kunyit putih dikatakan memiliki peranan penting untuk menghambat penyebaran sel kanker dari satu organ ke tempat lain. Namun, hal ini membutuhkan penelitian lebih lanjut.

3. Mencegah Diabetes
Manfaat ini terjadi berkat kandungan kurkumin di dalamnya. Nutrisi tersebut bersifat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat mencegah resistensi insulin, kenaikan kadar gula darah, serta lemak tubuh.

4. Mengatasi Infeksi
Kandungan dalam kunyit putih memiliki potensi untuk melawan berbagai jenis bakteri seperti E. coli, S. Aureus, dan Corynebacterium. Tidak hanya bakteri, konsumsi kunyit putih juga dapat mencegah pertumbuhan atau infeksi jamur.

5. Mengatasi Gangguan Pernapasan
Gangguan pernapasan yang disebabkan oleh produksi lendir yang berlebih dapat menimbulkan keluhan berupa kesulitan bernapas. Dengan konsumsi kunyit putih, dapat membantu menurunkan produksi lendir pada saluran pernapasan.

BERITA TERKAIT