test

News

Sabtu, 12 Agustus 2023 13:59 WIB

Polda Metro: Indeks Kemacetan di Jakarta Capai 53 Persen

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Fajar Ramadhan

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/Fajar)

PMJ NEWS - Polda Metro Jaya menyebutkan kemacetan di wilayah DKI Jakarta mengalami peningkatan dengan angka indeks di pertengahan tahun 2023 sudah mencapai 53 persen.

"Kemarin kalau nggak salah kalau diukur, coba dilihat badan statistik, kita indeksnya sudah di angka 53 persen,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman kepada wartawan, Sabtu (12/8/2023).

Latif menuturkan, nilai angka 53 persen tersebut merupakan peningkatan jika dibandingkan dengan angka saat pandemi Covid-19 pada 2019 lalu yang berada di angka 35 persen.

Adapun angka indeks kemacetan di DKI Jakarta sendiri, lanjut Latif, seharusnya atau idealnya tidak melebihi dari angka 50 persen.

"Ya kalau ideal kan, coba liat pada saat Covid, hitungannya 35. Ya kan begitu. Karena memang aktivitas ini. Jadi jangan sampai memang harapannya jangan sampai lebih dari pada 50 persen,” kata Latif.

Kemacetan di Jakarta yang dijelaskan oleh Latif disebabkan karena volume kendaraan yang kian meningkat, serta aktivitas masyarakat yang turut meningkat.

“Ini memang volume kendaraan aktivitas kendaraan yang cukup tinggi dan aktivitas masyarakat dalam berkegiatan itu sangat tinggi juga,” ucap Latif.

“Jadi memang volume yang sangat tinggi dan kegiatan dari pada kita mengantisipasi yang sudah kita sampaikan adalah pengusulan jam kerja. Ini masih menunggu keputusan dari bapak Gubernur,” imbuhnya.

Sementara menunggu keputusan soal usulan jam kerja dihasilkan, Latif menambahkan pihaknya menyiagakan personelnya di titik dan jam rawan macet di Jakarta untuk pengaturan lalu lintasnya.

"Tetapi untuk saat ini yang paling sangat kita bisa laksanakan adalah penempatan seluruh anggota di titik-titik rawan. Kita memaksimalkan untuk betul-betul penempatan personel di titik-titik rawan," tukasnya.

BERITA TERKAIT