test

Kesehatan

Senin, 14 Agustus 2023 10:04 WIB

5 Tanda Anda Kekurangan Protein, Pembengkakan Hingga Gampang Lelah

Editor: Hadi Ismanto

Potein dapat menjaga sistem kekebalan tubuh, membentuk enzim, dan mengatur kadar hormon tubuh. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Selain sebagai zat gizi yang penting bagi perkembangan otot dan jaringan tubuh, protein juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh, membentuk enzim, dan mengatur kadar hormon tubuh.

Protein memiliki peran penting dalam metabolisme tubuh karena dapat digunakan juga sebagai sumber energi ketika asupan karbohidrat dan lemak tidak mencukupi.

Kekurangan asupan protein dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti turunnya fungsi kekebalan tubuh dan masalah pertumbuhan pada anak-anak.

Seperti dilansir dari laman Web MD, Senin (14/8/2023), berikut tanda-tanda tubuh kekurangan protein yang wajib Anda waspadai, antara lain:

1. Pembengkakan
Salah satu tanda yang paling umum bahwa Anda tidak mendapatkan cukup protein adalah adanya pembengkakan terutama di bagian perut, tungkai, kaki, dan tangan.

Pentingnya untuk mencukupi protein harian karena protein akan bersirkulasi dalam darah sehingga membantu menjaga agar cairan tidak menumpuk di jaringan tubuh Anda.

2. Perubahan Suasana Hati
Otak Anda menggunakan bahan kimia yang disebut neurotransmiter untuk menyampaikan informasi antar sel. Banyak dari neurotransmiter ini terbuat dari asam amino, yang merupakan bahan penyusun protein.

Jadi kekurangan protein dalam makanan Anda bisa berarti tubuh Anda tidak dapat membuat cukup neurotransmiter tersebut, dan itu akan mengubah cara kerja otak Anda. Dengan kadar dopamin dan serotonin yang rendah, misalnya, Anda mungkin merasa tertekan.

3. Kelelahan
Penelitian menunjukkan bahwa hanya dalam seminggu tidak makan cukup protein dapat memengaruhi otot yang bertanggung jawab atas postur dan gerakan Anda.

Seiring waktu, kekurangan protein dapat membuat Anda kehilangan massa otot, yang pada gilirannya mengurangi kekuatan Anda, membuat Anda lebih sulit menjaga keseimbangan, dan memperlambat metabolisme Anda.

Hal Ini juga dapat menyebabkan anemia, ketika sel Anda tidak mendapatkan cukup oksigen, yang membuat Anda cepat merasa lelah.

4. Merasa Kelaparan
Protein merupakan salah satu sumber energi selain karbohidrat dan lemak. Jika Anda ingin makan banyak meskipun makan secara teratur, Anda mungkin membutuhkan lebih banyak protein.

Studi telah menemukan bahwa makan makanan dengan protein membantu Anda merasa lebih kenyang sepanjang hari.

5. Butuh Waktu Lama Dalam Penyembuhan Luka
Seseorang yang kekurangan protein sering merasa luka dan goresannya membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh. Hal yang sama tampaknya berlaku untuk keseleo dan kecelakaan terkait olahraga lainnya.

Ini bisa menjadi efek lain dari tubuh Anda yang tidak membuat cukup kolagen. Untuk membuat mempercepat penyembuhan luka, Anda dapat mencukupi protein harian Anda.

BERITA TERKAIT