test

News

Selasa, 22 Agustus 2023 19:07 WIB

Performa Ekonomi Indonesia Jadi yang Terbaik di Dunia

Editor: Ferro Maulana

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menjelaskan performa ekonomi Indonesia adalah salah satu yang terbaik di dunia di tengah banyaknya tantangan global pasca pandemi Covid-19.

Menurutnya, pemulihan ekonomi Indonesia yang berjalan kuat sampai pertengahan tahun 2023. Terutama didukung oleh kebijakan, baik moneter maupun fiskal, yang inovatif.

“Kebijakan kita sangat inovatif. Kita memiliki kerangka kerja penargetan inflasi, juga kita menangani berbagai tantangan, seperti aliran modal asing dan stabilitas sistem keuangan,” ungkapnya kepada awak media, Selasa (22/8/2023).

Di kesempatan yang sama, Perry kembali menuturkan, pembuat kebijakan di dalam negeri bersinergi sangat kuat dalam memitigasi dampak dari dinamika global. Baik dari sisi fiskal dan moneter.

Adapun pertumbuhan ekonomi Indonesia, diperkirakan tumbuh kuat pada kisaran 4,5 hingga 5,3 persen, yang didukung oleh konsumsi domestik, investasi, dan penurunan laju inflasi.

“Inflasi di dalam negeri turun sangat cepat. Bahkan salah satu yang tercepat di dunia. Tahun lalu, inflasi mendekati 7 persen, sekarang data terakhir pada Juli 2023 sudah 3 persen dan diperkirakan terus menurun,” paparnya menutup pembicaraan.

BERITA TERKAIT