test

News

Selasa, 29 Agustus 2023 15:23 WIB

Penting! Ini 29 Ruas Jalan Buka-Tutup dan Jalur Alternatif Selama KTT ASEAN

Editor: Ferro Maulana

Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo di Polda Metro Jaya. (Foto: PMJ News/ Yeni)

PMJ NEWS -  Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo menjelaskan selama pelaksanaan KTT ke-43 ASEAN sebanyak 29 ruas jalan akan buka tutup untuk lintasan para delegasi.

Selama sistem buka dan tutup jalan, pelayanan angkutan umum antara lain, Transjakarta dan MRT tetap beroperasi sebagaimana biasanya.

Menurutnya, jalur alternatif selama KTT ke-43 ASEAN, yaitu mulai dari selatan menuju ke utara setelah masuk ke Panglima Polim siap dibelokkan ke kiri ke Jalan Kyai Maja. Selanjutnya, masuk ke Jalan Kebayoran Baru lurus akan belok kiri di Jalan Arteri Pondok Indah.

Lalu, akan berputar di depan Mall Gandaria City masuk kembali ke Jalan Arteri Pondok Indah kemudian masuk ke Jalan Kyai Arif.

Berikutnya, masuk ke Tentara Pelajar masuk ke Pejompongan diteruskan untuk yang akan mengarah Jakarta Pusat. Sementara, yang masuk ke barat otomatis belok kiri ke Jalan Gatot Subroto kemudian lurus ke S Parman Jakarta Barat.

 Untuk yang kemudian ingin melanjutkan arah kawasan Gajah Mada Hayam Wuruk di Simpang S Parman, belok kanan ke Tomang Raya lalu ke Wiryopranoto Jalan Balikpapan belok kiri ke Harmoni masuk ke Jalan Gajah Mada.

Rekayasa lalu lintas di 29 ruas jalan Jakarta, saat pelaksanaan KTT ke-43 ASEAN, antara lain:

  1. Jalan Jenderal Sudirman
  2. Jalan M.H. Thamrin
  3. Jalan Gatot Subroto
  4. Jalan HR Rasuna Said
  5. Jalan Imam Bonjol
  6. Jalan HOS Cokroaminoto
  7. Jalan Galunggung
  8. Jalan R.M. Margono Djojohadikoesoemo
  9. Jalan K.H. Mas Mansyur
  10. Jalan Karet Pasar Baru Timur 5
  11. Jalan Karet Pasar Baru Timur 2
  12. Jalan Karet Pasar Baru Timur 3
  13. Jalan Prof. Dr. Satrio sisi Barat
  14. Jalan Kebon Sirih
  15. Jalan Wahid Hasyim
  16. Jalan Gerbang Pemuda
  17. Jalan Pintu Satu Senayan
  18. Jalan Asia Afrika
  19. Jalan Sisingamangaraja
  20. Jalan Pattimura
  21. Jalan Trunojoyo
  22. Jalan Gunawarman
  23. Jalan Majapahit
  24. Jalan Ir . Juanda
  25. Jalan Veteran III
  26. Jalan Medan Merdeka Barat
  27. Lingkar Mega Kuningan
  28. Jalan Lingkar SCBD
  29. Jalan Setia Budi Tengah

Masih dari keterangannya, mulai 5 September pukul 00.00 WIB, mobil barang tidak diperkenankan melintas sampai dengan 7 September pukul 24.00 WIB.

"Selanjutnya kami sampaikan bahwa selama pelaksanaan KTT ASEAN untuk lintasan angkutan barang di Jalan Tol Dalam Kota mulai dari ruas Cawang menuju ke arah Kemang ini akan ditutup 3x24 jam," tuturnya.

 Pengalihan dilakukan melalui Jorr, baik itu Jorr barat yang akan menuju ke barat maupun bagi kendaraan yang tujuannya ke kawasan Pelabuhan Tanjung Priok.

Sedangkan, pada 6 September juga akan dilakukan penutupan ruas jalan Sudirman dari Bundaran Senayan sampai dengan ke Semanggi.

Demikian pula sebaliknya karena ada kegiatan di kawasan ini yang membutuhkan ruang yang lebih ke seberang di Kawasan SCBD.

"Jadi akan ada penutupan jalan mulai pukul 18.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB di Jalan Jendral Sudirman ruas Bundaran Senayan ke Semanggi baik itu sisi Timur maupun di sisi Barat," katanya.

Syafrin berharap masyarakat bisa menghindari dan melakukan perjalanan pada rute-rute alternatif yang telah disediakan.

 

BERITA TERKAIT