test

Kesehatan

Jumat, 1 September 2023 10:04 WIB

Waspada, Ini Lima Gejala Kolesterol yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Gejala kolesterol tinggi terkadang sering diabaikan. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Kolesterol tinggi dapat meningkatkan resiko terkena serangan jantung, stroke, dan penyakit arteri perifer. Namun, banyak orang tidak menyadari tingkat kolesterol tinggi karena penyakit ini tidak memiliki gejala yang khas.

Tingginya kolesterol dalam tubuh akan muncul saat kondisi pasien sudah parah. Seperti dilansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Jumat (1/9/2023), berikut gejala kolesterol yang perlu diwaspadai:

1. Pengal di Pundak
Pegal di pundak menjadi salah satu gejala klasik gejala kolesterol tinggi. Kondisi ini disebabkan kurangnya suplai oksigen serta darah ke pundak.

2. Nyeri di Dada
Kolesterol tinggi bisa menyebabkan komplikasi berupa nyeri di dada. Kondisi ini disebabkan plak di dinding arteri yang menyebabkan jantung tidak mendapatkan pasokan darah.

3. Kram
Kram di beberapa bagian tubuh bisa menjadi gejala kolesterol tinggi. Kram biasanya terjadi saat malam hari atau ketika bangun tidur pada tumit, telapak kaki.

4. Kesemutan
Merasa kesemutan di tangan, kaki dan bagian tubuh tertentu bisa disebabkan karena kolesterol tinggi. Ini karena plak menyebabkan darah tidak lancar sehingga syaraf tidak mendapatkan pasokan darah yang optimal.

5. Mengantuk
Jika Anda sering mengalami mengantuk dan nguap, bisa jadi itu merupakan gejala kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan kolesterol tinggi yang menumpuk sehingga oksigen menuju otak tidak maksimal.

BERITA TERKAIT