test

News

Senin, 4 September 2023 17:42 WIB

Karhutla di Gunung Arjuno Jawa Timur Telah Capai 1.200 Hektar

Editor: Ferro Maulana

Kebakaran hutan dan lahan. (Foto: PMJ News/ Ilustrasi)

PMJ NEWS -  Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Gunung Arjuno telah mencapai seluas 1.200 hektar.

Luasan area terbakar mencakup empat wilayah yakni Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Mojokerto dan Kota Batu.

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur menanggapi hal itu dengan menambah pilot untuk misi operasional pemadaman api di Gunung Arjuno.

Sekdar informasi, pilot helikopter hanya ada satu orang, tetapi untuk memaksimalkan proses pemadaman ditambah satu lagi per Senin (4/9/2023) hari ini.

"Pilot helikopter kita tambah satu lagi, jadi dua untuk memaksimalkan waktu pemadaman," terang Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Jawa Timur Satriyo Nurseno saat dikonfirmasi, Senin (4/9/2023).

Masih dari keterangannya, penambahan pilot ini agar mempanjang waktu pemadaman. Sebab sesuai aturan penerbangan, helikopter pilot hanya dibolehkan dengan waktu terbang 5 jam.

"Biar lebih panjang untuk proses pemadaman karena seusai aturan pilot ini sehari 5 jam penerbangan," ucapnya.

Ia melanjutkan, pemadaman sepanjang Senin hari ini fokus di beberapa titik, mulai dari kawasan Kecamatan Bumiaji, Kota Batu di sekitar pos 3 dan pos 4 Sumberbrantas, lereng barat Gunung Arjuno hingga Petung Ombo dan Parang Lereng Gunung Arjuno yang berada di kawasan Desa Tambak Watu, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan.

 

BERITA TERKAIT