test

Kesehatan

Selasa, 5 September 2023 10:04 WIB

Selain Buahnya, Ini Lima Manfaat Daun Mangga Bagi Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Daun mangga kaya akan vitamin C, B dan A serta kaya akan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. (Foto: PMJ News/Seasol)

PMJ NEWS - Hampir semua orang tidak mengetahui manfaat makan buah mangga. Tetapi selain buahnya, daun mangga juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Daun mangga kaya akan vitamin C, B dan A serta kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Daun pohon ini memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat karena kandungan flavonoid dan polifenolnya yang tinggi.

Untuk mendapatkan manfaatnya, daun mangga harus dijadikan bubuk setelah dikeringkan atau digunakan sebagai infus. Anda juga bisa merendam daunnya dalam secangkir air semalaman dan meminum cairannya di pagi hari.

Seperti dilansir dari laman Style Craze, Selasa (5/9/2023), berikut sejumlah manfaat daun mangga untuk kesehatan:

1. Obati Diabetes
Daun mangga sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit diabetes. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa daun mangga yang lembut mengandung fitokimia, yang dapat membantu mengobati diabetes.

Daun ini juga dapat membantu dalam mengobati angiopati diabetik dan retinopati diabetik. Rendam daunnya dalam secangkir air semalaman. Saring dan minum air ini untuk membantu meringankan gejala diabetes.

2. Turunkan Tekanan Darah Tinggi
Daun mangga dapat membantu menurunkan tekanan darah karena memiliki sifat anti-hipertensi. Daun jenis ini membantu memperkuat pembuluh darah dan mengobati masalah varises.

3. Atasi Kegelisahan
Mangiferin, kandungan fitokimia dalam daun mangga memiliki sifat anti-kecemasan yang dapat meredakan kegelisahan yang dialami orang akibat kecemasan.

Menambahkan dua hingga tiga gelas teh daun mangga ke dalam air mandi membantu mengobati rasa tidak nyaman dan menyegarkan tubuh.

4. Obati Batu Ginjal dan Batu Empedu
Daun mangga dapat membantu mengobati batu ginjal dan batu empedu. Asupan harian bubuk daun mangga yang digiling halus, dikeringkan di tempat teduh, dan airnya disimpan dalam gelas semalaman, membantu memecahkan batu dan mengeluarkannya.

5. Obati Gangguan Pernapasan
Daun mangga baik untuk segala macam masalah pernapasan. Hal ini sangat berguna bagi orang yang menderita pilek, bronkitis dan asma.

Konsumsi rebusan daun mangga yang direbus dalam air dengan sedikit madu membantu menyembuhkan batuk secara efektif. Ini juga membantu dalam menyembuhkan kehilangan suara.

BERITA TERKAIT