test

Suara Pemilu

Rabu, 6 September 2023 11:24 WIB

Kasad Ingatkan Prajurit TNI Tak Dukung Caleg dan Capres di Pemilu 2024

Editor: Hadi Ismanto

KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman. (Foto: PMJ/YouTube TNI AD).

PMJ NEWS - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman mengingatkan prajurit TNI untuk tidak memihak kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden maupun calon anggota legislatif pada Pemilu 2024.

"Saya sudah sampaikan kepada seluruh jajaran, persiapan dalam rangka Pemilu 2024, kepada kodam, kodim, koramil, pegang teguh netralitas," ungkap Dudung Abdurachman dikutip pada Rabu (6/9/2023).

"Jangan sampai ada yang coba-coba memihak salah satu calon," sambungnya.

Dudung meminta agar prajurit TNI AD harus tegak lurus terhadap arahan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Presiden Joko Widodo. Dimana prajurit dan ASN TNI harus bersikap netral dalam Pemilu 2024.

"Saya tegak lurus, loyalitas saya kepada panglima TNI, kepada presiden, ya, kita harus netral," ujarnya.

Jenderal bintang empat ini juga meminta para purnawirawan TNI untuk tidak memengaruhi para juniornya yang masih aktif sebagai prajurit dalam mendukung salah satu calon.

"Saya lihat ada purnawirawan dukung-mendukung, silakan, itu (mereka) secara pribadi; tetapi jangan coba-coba mengganggu prajurit aktif sehingga memengaruhi mereka mendukung salah satu calon," tuturnya.

Dudung menegaskan, netralitas TNI merupakan harga mati yang tak bisa ditawar-tawar. TNI AD berkomitmen tidak akan terlibat dalam politik praktis, baik secara institusi, personal, maupun dalam penggunaan sarana dan prasarana milik TNI AD.

BERITA TERKAIT