test

News

Minggu, 10 September 2023 13:00 WIB

Bantu Atasi Polusi Udara, Korlantas Polri Usul Pengadaan Kendaraan Listrik

Editor: Hadi Ismanto

Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi. (Foto: PMJ News/ Fajar)

PMJ NEWS - Kepala Korlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi menyatakan pihaknya mendukung penuh program pemerintah dalam mengatasi polusi udara di Indonesia. Salah satunya melalui pengadaan mobil dinas dan patroli listrik.

"Selain konversi kendaraan-kendaraan berbahan bakar fosil, listrik kita juga merencanakan nanti kendaraan staf kita memakai mobil listrik ini," ungkap Firman kepada wartawan, Minggu (10/9/2023).

Menurut Firman, pemerintah saat ini sudah mulai membahas rencana pengadaan mobil listrik, termasuk untuk Polri. Dia memastikan pihaknya sudah mengusulkan pengadaan kendaraan listrik patroli roda dua di tahun ini.

"Kemarin ada informasi instruksi dari bapak Menko Marves (Luhut Binsar Pandjaitan) pada saat rapat yang lalu untuk instansi pemerintah khususnya dimulai menyiapkan beberapa kendaraannya untuk kendaraan listrik," tuturnya.

"Kalau kita tahun ini sudah mengusulkan kendaraan roda dua itu untuk kendaraan patroli. Untuk pengadaan ke depan kita sudah mulai mengkombinasikan pengadaan yang berbahan bakar biasa dan listrik," sambungnya.

Firman mengatakan, pengadaan kendaraan listrik tersebut sudah mulai diimplementasikan saat perayaan KTT ASEAN ke-43 yang lalu. Namun, sebelumnya kendaraan jenis ini juga digunakan untuk pengamanan KTT G20

"Sejak pengamanan G20 yang lalu kendaraan dinas untuk kepolisian khususnya di lalu lintas sudah kita libatkan kendaraan-kendaraan listrik, baik roda empat maupun roda dua," terangnya.

BERITA TERKAIT