test

News

Senin, 11 September 2023 14:40 WIB

Perhatian, Tidak Lolos Uji Emisi Tidak Akan Ditilang

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman beri keterangan (Foto; PMJ/Fajar).

PMJ NEWS - Polisi tidak akan melakukan penindakan dengan tilang terhadap kendaraan yang tidak lolos uji emisi. Hal tersebut disampaikan oleh Irwasda Polda Metro Jaya yang juga merupakan Kasatgas Pengendalian Polusi Udara, Kombes Pol Nurcholis.

“Iya untuk ke depan tidak ditilang, tidak lulus,” ujar Nurcholis kepada wartawan, Senin (11/9/2023).

Nurcholis menyampaikan bahwa penindakan dengan penilangan akan dihilangkan lantaran dinilai tidak efektif.
Oleh karenanya, Nurcholis menambahkan bahwa warga yang kendaraannya tak lolos uji emisi akan disarankan untuk menyervis kendaraannya.

“Ternyata penilangan tidak efektif, maka setelah ada Satgas, yang tidak lulus uji dihimbau untuk diservis, dan kita berusaha komunikasi dengan dealer untuk membantu servis,” ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Polda Metro Jaya mengklaim tidak ada masyarakat yang merasa keberatan atas pelaksanaan penindakan tilang terhadap kendaraan yang tidak lolos uji emisi.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman menyebut bahwa masyarakat sudah sadar perihal kendaraannya.

“Sampai sekarang, gini loh sebenarnya masyarakat sudah sadar semua. Tidak ada yang istilahnya sampai hari ini hingga detik ini ada yang keberatan itu tidak ada,” ujar Latif dikutip Sabtu (2/9/2023).

Tak hanya itu, Latif juga menyampaikan bahwa masyarakat sudah sadar mengenai polusi udara yang memburuk di Jakarta dengan tingginya antusias masyarakat yang melakukan uji emisi kendaraannya.

“Iya, tanggal berapa gitu kemarin (banyak masyarakat uji emisi) di Kantor LH (Lingkungan Hidup). Berarti kesadaran patut kita hargai,” kata Latif.

BERITA TERKAIT