test

News

Kamis, 14 September 2023 11:23 WIB

Unjuk Rasa di Patung Kuda, 1500 Personil Diterjunkan dan Rekayasa Lalin

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Polda Metro Jaya menyiapkan skema pengalihan arus di kawasan Patung Kuda. (Foto: PMJ News/TMC Polda Metro)

PMJ NEWS - Polisi mengerahkan sekitar 1.500 personilnya untuk melakukan pengamanan sejumlah aksi unjuk rasa yang akan dilaksanakan hari ini Kamis (14/9/2023) di wilayah Jakarta Pusat.

Salah satu aksi demo yang berlangsung hari ini yaitu dari elemen buruh yang rencananya akan dilakukan Pengamanan di sekitar Patung Kuda.

“Hari ini ada beberapa titik unjuk rasa di wilayah Jakarta Pusat dengan isu yg berbeda, termasuk salah satunya dari elemen buruh,” ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin saat dihubungi, Kamis (14/9/2023).

“Hari ini kita siapkan 15 SSK untuk back up seluruh titik yang ada di Jakarta Pusat. 1.500 (personel yang) tersebar di beberapa titik,” imbuhnya.

Aksi unjuk rasa yang dilaksanakan oleh Partai Buruh akan menyuarakan sejumlah tuntutan, diantaranya soal UU Cipta Kerja dan Presidential Threshold.

Rencananya polisi menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk kendaraan yang akan melintas di sekitar kawasan Patung Kuda.

“Sementara arus lalu lintas kita lakukan rekayasa, untuk di Jalan Merdeka Barat kita alihkan, kendaraan yang dari selatan (Thamrin), kita alihkan ke Merdeka Selatan dan Budi Kemuliaan,” kata Komarudin.

“Dari arah utara, dari Merdeka Utara diluruskan ke Majapahit, kemudian dari arah Gajah Mada kami alihkan ke Tomang dan Juanda,” tambahnya.

Lebih lanjut, Komarudin mengimbau kepada para peserta aksi unjuk rasa untuk memperhatikan hak-hal masyarakat lain.

“Kami menghimbau, siapa saja yang akan menyampaikan pendapatnya di muka umum, sebagaimana diatur dalam Undang-undang, penyampaian pendapat hak setiap warga negara,” tuturnya.

“Tentunya harus memperhatikan hak-hak masyarakat lainnya, sehingga aturan dalam Undang-undang penyampaian di muka umum ya harap dipatuhi,” jelasnya.

BERITA TERKAIT