test

News

Minggu, 1 Oktober 2023 18:08 WIB

Ketua DPR: Pancasila Jadi Bintang Penuntun Pemersatu Rakyat Indonesia

Editor: Ferro Maulana

Ketua DPR RI, puan maharani saat memberikan keterangan. (Foto: YouTube Setpres).

PMJ NEWS -  Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani membacakan Ikrar Kesaktian Pancasila dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Oktober.

Pancasila adalah bintang penuntun yang menjadi pemersatu seluruh rakyat Indonesia.

Puan mengatakan, Pancasila dapat menjadi pedoman bagi masyarakat untuk tetap memiliki karakter kuat agar tidak terlepas dari jati diri bangsa Indonesia.

Selain itu, Pancasila tak semata-mata hanya dijadikan slogan, namun juga harus diwujudkan dalam cara berpikir, berperilaku, dan berkarya bagi seluruh elemen masyarakat bangsa.

“Pancasila menjadi bintang penuntun pemersatu rakyat Indonesia, terutama dalam menghadapi seluruh tantangan zaman. Pancasila dapat membawa arah perjalanan bangsa ini untuk menjadi lebih maju,” tutur Puan dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila digelar di Monumen Pancasila Sakti, Pondok Gede, Jakarta pada Minggu, (1/10/2023).

Di kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara. Dipimpin oleh Kadisops Lanud Halim Perdana Kusuma Kolonel Pnb Puguh Yulianto sebagai komandan, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila diawali dengan dikumandangkannya lagu Indonesia Raya dan disusul Mengheningkan Cipta.

Kemudian, upacara lalu dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila oleh Ketua DPD RI, AA Lanyalla Mahmud Mattalitti.

Berikutnya, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo membacakan Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

BERITA TERKAIT