test

Fokus

Minggu, 1 Oktober 2023 19:03 WIB

Operasi Mantap Brata, Polri Siap Amankan Pemilu 2024

Editor: Ferro Maulana

Pemilu 2024. (Foto: Istimewa)

PMJ NEWS -  Polri menggelar operasi terpusat dengan sandi ‘Mantap Brata’ untuk mengawal jalannya Pemilu 2024.

Kepolisian sebanyak 434 ribu personel dari Mabes Polri dan jajaran Polda dikerahkan dalam operasi tersebut.

“Pada pelaksanaan Operasi Mantap Brata 2023-2024, Polri menurunkan personel sebanyak 434.197 personel,” terang Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho kepada wartawan di The Tribrata, Jakarta Selatan.

Kakorlantas Harap Pengamanan Pemilu 2024 Berjalan Sesuai Rencana
Kakorlantas Harap Pengamanan Pemilu 2024 Berjalan Sesuai Rencana

Sandi melanjutkan, dengan banyaknya personel yang terjunkam dapat menciptakan jalannya pemilu damai. Mulai dari tahap pendaftaran para calon hingga pelantikan, termasuk saat pencoblosan.

“Pada waktu pelaksanaan pemilu langsung di TPS disesuaikan dengan karakteristik wilayah yang ada. Jadi kalau wilayahnya aman, rawan ataupun yang rawan satu itu tentunya akan berbeda dengan daerah-daerah tertentu,” tuturnya.

Lebih lanjut, Sandi menuturkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah memberi arahan terkait pengamanan selama rangkaian pemilu berlangsung.

“Jadi bukan daerah yang dinyatakan rawan yang hanya menjadi atensi, tetapi Bapak Kapolri menekankan bahwa anggaplah semua daerah itu adalah rawan, jangan sampai tidak termasuk dalam daerah rawan malah juga tidak diwaspadai oleh kita semua,” jelasnya.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Sandi Nugroho saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News)
Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Sandi Nugroho saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News)

“Oleh karena itu Bapak Kapolri menyampaikan kepada para Kapolda dan peserta rakor tadi semuannya tetap waspada sesuai dengan karakteristik daerah masing-masing,” sambungnya.

Karena itu, Sandi berharap agar semua pihak dapat menjaga kertertiban jalanya rangkaian pemilu mendatang.

“Untuk itu harapan kita bersama bahwa insyaallah pemilu bisa dilaksanakan dengan aman dengan tertib sesuai dengan yang kita harapkan,” tandasnya.

Polri Terjunkan 434.197 Personel Usia Maksimal 50 Tahun

 

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Sandi Nugroho. (Foto: PMJ News)
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Sandi Nugroho. (Foto: PMJ News)

Pihak kepolsiian menurunkan 434.197 personel yang terlibat dalam Operasi Mantap Brata 2023-2024 dalam rangka pengamanan Pemilu 2024.

Tetapi, seluruh personel yang terlibat diseleksi dari sisi umur dan kesehatannya.

“Polri khususnya dilaksanakan prioritas pelaksana pengamanan Pemilu 2024, usianya maksimal 50 tahun,” terang Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Sandi Nugroho di Jakarta.

Sandi kembali mengatakan untuk batas usia dan kesehatan merupakan salah satu faktor utama dari hasil evaluasi pengamanan Pemilu 2019. Sehingga pengamanan Pemilu 2024 lebih baik dari sisi kinerja dan juga dari sisi personel.

Adapun untuk Pemilu yang lalu dengan rangkaian yang cukup panjang dan serentak seluruh daerah, tidak sedikit personel Polri yang bertugas mengalami sakit, bahkan ada yang meninggal dunia.

“Evaluasi tersebut menjadi bahan masukan utama dalam rakor kesiapan Operasi Mantap Brata 2023-2024 untuk menegaskan kembali bahwa untuk kesehatan dan kesiapan anggota yang melaksanakan kegiatan pengamanan maupun komponen penyelenggara pemilu lainnya,” jelasnya menutup pembicaraan.

Korlantas Lakukan Persiapan Jelang Pemilu 2024

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri melakukan berbagai persiapan menghadapi Pemilu 2024.

Pernyataan tersebut disampaikan Kapolri di acara Syukuran Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-68 di Pusdik Lantas Polri, Serpong, Tangerang Selatan.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Indonesia Safety Driving Center (ISDC), Serpong, Tangerang. (Foto: PMJ News)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Indonesia Safety Driving Center (ISDC), Serpong, Tangerang. (Foto: PMJ News)

"Saya cuma mengingatkan bahwa teman-teman dari jajaran Korlantas juga memiliki peran penting untuk menjaga agar stabilitas Kamtibmas tetap terjaga," ungkap Listyo Sigit Prabowo

"Misalkan pada saat campaign terbuka, ada beberapa lokasi yang bersamaan mungkin tentunya di situ bagaimana peran rekan-rekan untuk mengatur rutenya agar jangan bertabrakan, kemudian aturan di jalan seperti apa, ini peran dari jajaran lalu lintas," sambungnya.

Selain itu, Sigit menyebut nantinya Korlantas juga bakal bertugas melakukan pengawalan terhadap para calon presiden dan wakil presiden terpilih. Dia meminta Korlantas melaksanakan cooling system dalam perhelatan politik tersebut.

"Juga saya titip untuk bisa melakukan cooling system. Karena rekan-rekan jajaran lantas memiliki keunggulan di bidang teknologi informasi, jadi saya kira dari ruang-ruang yang dimiliki tolong cooling system bisa dilaksanakan dengan baik," tutupnya.

BERITA TERKAIT