test

News

Senin, 2 Oktober 2023 12:40 WIB

Istana Berbatik Tampilkan Keindahan Batik Nusantara

Editor: Ferro Maulana

Presiden Jokowi di acara Istana Berbatik. (Foto: IG Jokowi)

PMJ NEWS -  Hari Batik Nasional diperingati setiap tanggal 2 Oktober setiap tahunnya menjadi momentum bagi bangsa Indonesia lebih mengenal warisan budaya yang tidak lekang waktu.

Dalam merayakan momentum tersebut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar acara Istana Berbatik.

Istana Berbatik merupakan ajang fashion show yang menampilkan keindahan batik Nusantara dengan harapan memamerkan sekaligus mempromosikan batik.

"Kami merancang ini dengan tujuan menyampaikan pesan bahwa batik yaitu warisan budaya Indonesia yang tak lekang oleh waktu,

“Batik terus relevan dari masa ke masa dengan dukungan masyarakat Indonesia yang senantiasa memakai batik dan mempromosikannya ke pasar Internasional," ujar Ketua Pelaksana Istana Berbatik  Angela, di acara Istana Berbatik, Jakarta, Minggu (1/9/2023) malam.

Angela kembali mengatakan, dengan hadirnya acara tersebut diharapkan masyarakat bisa semakin paham dan bangga terhadap batik sebagai warisan budaya Tanah Air.

"Acara ini diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi industri mode lokal untuk semakin berkembang dan menggaungkan pesona batik ke kancah mode dunia," ujarnya.

Istana Berbatik juga diharapkan mampu mendukung para desainer lokal sekaligus mempromosikan kekayaan budaya Indonesia untuk memajukan sektor pariwisata serta ekonomi kreatif.

Sekedar informasi, Istana Berbatik dihadiri 3190 undangan yang terdiri dari Menteri dan Wakil Menteri, BUMN, Gubernur, Duta Besar, Budayawan, Public Figure, komunitas dan, masyarakat umum.

 

BERITA TERKAIT