test

News

Rabu, 4 Oktober 2023 16:41 WIB

Usut Korupsi Impor Gula, Kejagung Geledah Kantor Kemendag

Editor: Hadi Ismanto

Gedung Kementerian Perdagangan yang berada di kawasan Gambir, Jakarta Pusat. (Foto: PMJ News/Dok Kemendag)

PMJ NEWS - Kejaksaan Agung (Kejagung) menggeledah kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag). Penggeledahan tersebut terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi penyalahgunaan kewenangan dalam kegiatan importasi gula pada tahun 2015-2023.

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung, Kuntadi mengatakan penggeledahan dilakukan di ruangan Tata Usaha Menteri, ruangan Direktur Impor, dan ruang kerja Ketua Tim Impor Produk Pertanian.

Sementara penggeledahan yang juga dilakukan di Kantor PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) menyasar ke ruang arsip serta ruangan Divisi Akuntasi dan Finance.

"Dari kedua tempat tersebut, tim penyidik menemukan sekaligus menyita sejumlah dokumen dan barang bukti elektronik yang berkaitan dengan peristiwa pidana," ungkap Kuntadi kepada wartawan, Rabu (4/10/2023).

Sebelumnya, Kejaksaan Agung (Kejagung) resmi menaikkan kasus dugaan korupsi impor gula di lingkungan Kementerian Perdagangan (Kemendag) periode 2015-2023 dari penyelidikan ke penyidikan.

"Kami telah melakukan penyelidikan terhadap perkara tersebut, dan serangkaian pemeriksaan. Tim berkeyakinan telah ditemukan alat bukti permulaan cukup sehingga disimpulkan telah terjadi peristiwa tindak pidana dalam perkara dimaksud," jelas Kuntadi.

BERITA TERKAIT