test

News

Jumat, 6 Oktober 2023 12:23 WIB

BMKG: Sejumlah Wilayah Sumatera dan Bandung Diprediksi Hujan Hari Ini

Editor: Hadi Ismanto

Prakiraan cuaca BMKG. (Foto: PMJ News/Ilustrasi)

PMJ NEWS - Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi sejumlah kota besar akan diguyur hujan dengan intensitas ringan pada hari ini Jumat, 6 Oktober 2023.

Adapun kota-kota yang berpotensi diguyur hujan adalah Tanjung Pinang di Kepulauan Riau, Pekanbaru di Riau, Padang di Sumater Barat, dan Bandar Lampung.

Sementara di Pulau Jawa, kota yang diprediksi hujan hanya wilayah Bandung, Jawa barat. BMKG menyebutkan hanya Bandung yang berpotensi mengalami hujan petir.

"Suhu udara di kota-kota besar Indonesia berkisar antara 20 hingga 36 derajat Celcius dengan kelembapan udara berkisar antara 40 sampai 100 persen," ungkap Prakirawan BMKG, Marlin Denata dalam keterangannya.

Sedangkan di wilayah Pangkal Pinang dan Bengkulu diperkirakan berawan, serta Palembang dan Jambi berasap. Di Pulau Jawa, cuaca cerah hingga cerah berawan berpotensi terjadi di Surabaya, Jakarta, dan Serang.

Untuk perkiraan cuaca berawan juga ada di Semarang dan Yogyakarta. Sementara Kepulauan Sunda Kecil diperkirakan berawan untuk wilayah Denpasar dan Mataram, sedangkan cerah berawan ada di Kupang.

Di Pulau Kalimantan, hujan ringan diperkirakan turun di Samarinda dan Banjarmasin. Cuaca berawan ada di Pontianak dan Tanjung Selor, serta asap di Palangkaraya.

Bergeser ke Pulau Sulawesi, BMKG memperkirakan cuaca cerah hingga cerah berawan terjadi di Gorontalo dan Kendari.

"Di wilayah Indonesia bagian timur cuaca diperkirakan berawan hingga berawan tebal di Ternate dan Ambon. Sementara itu, hujan ringan diperkirakan terjadi di Manokwari dan Jayapura," tuturnya.

BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi angin kencang di beberapa wilayah, seperti Aceh, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Barat.

Selain itu, ada pula peringatan tinggi gelombang laut lebih dari empat meter di perairan barat Lampung, Samudera Hindia bagian barat Bengkulu hingga Lampung, Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Jawa Tengah hingga Jawa Timur, dan Samudera Hindia sebelah selatan Jawa hingga Bali.

BERITA TERKAIT