test

News

Minggu, 15 Oktober 2023 16:54 WIB

Viral Pencurian di Kereta, KAI: Ada Titik Terang Pelaku Terekam CCTV

Editor: Hadi Ismanto

Kereta api. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Viral di media sosial, dua pengguna layanan kereta penumpang KA Tawang Jaya kehilangan barang berharga berupa iPad dan laptop. Penumpang tersebut duduk di premium eksekutif 1 10A.

Menanggapi kasus ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyampaikan permohonan maaf atas kejadian ini. KAI juga berkomitmen untuk membantu dan mengawal kasus pencurian yang menimpa penumpang.

"KAI menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas kejadian yang dialami oleh penumpang KA Tawang Jaya Premium tersebut," ungkap VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keteranganya, Minggu (15/10/2023).

Joni menjelaskan, KAI telah mengecek CCTV saat posisi KA tersebut ketika berada di Jakarta. Selanjutnya, pemantauan CCTV dilanjutkan ketika KA sudah berada di Semarang. Petugas mulai menemukan titik terang kasus pencurian dan berkoordinasi dengan kepolisian.

"Setelah dilanjut pemeriksaan di Semarang, sudah ada titik terang. Pelaku dapat terlihat di rekaman CCTV dan masih kami dalami. Selanjutnya kita melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian guna proses penyelidikan lebih lanjut," terangnya.

Dari kamera CCTV, diperoleh rekaman yang memperlihatkan 2 orang pelaku mengambil tas milik korban yang berada dibawah kursi penumpang. Tas tersebut lalu dibawa ke bordes serta mengganti laptop dengan buku seukuran laptop dan mengelem ritsleting tas.

Setelah itu, pelaku mengembalikan tas kembali ke tempat semula dan pelaku kembali duduk di tempat duduknya. Menurut analisa, iPad penumpang juga diambil pelaku dengan jalan lewat bawah kursi.

KAI juga melaksanakan pengamanan tertutup di stasiun-stasiun pemberangkatan terutama di Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Bekasi, dan Stasiun Pasar Senen untuk melaksanakan penangkapan pelaku.

"KAI akan terus meningkatkan sistem keamanan baik di atas kereta api ataupun di stasiun. Kami juga mengimbau kepada seluruh penumpang untuk senantiasa menjaga barang bawaannya masing-masing," tukasnya.

BERITA TERKAIT