test

News

Senin, 16 Oktober 2023 18:02 WIB

IPW Duga Penetapan Tersangka Dugaan Pemerasan SYL Tinggal Tunggu Waktu Ketu

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Fajar Ramadhan

Ketua IPW, Sugeng Teguh Santoso saat mendatangi Mapolda Polda Metro Jaya. (Foto: PMJ News/Fajar)

PMJ NEWS - Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Sugeng Teguh Santoso menduga Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri (FB) akan menjadi tersangka dalam kasus dugaan pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo (SYL).

“Penetapan tersangka FB adalah tinggal tunggu waktu saja,” ujar Sugeng dalam keterangannya, Senin (16/10/2023).

Sugeng menilai penyidik Subdit Tipidkor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya sangat yakin dengan gelar perkara nanti akan adanya tersangka yang ditetapkan dalam kasus tersebut.

“Penyidik yakin akan ditemukan pihak yang akan diminta pertanggung jawaban pidana karena melakukan pemerasan dan atau gratifikasi/suap,” ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Penyidik Subdit Tipidkor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya akan mengagendakan pemanggilan terhadap Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, terkait kasus dugaan pemerasan kepada eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto mengatakan pemanggilan saksi untuk menjalani pemeriksaan dilakukan untuk mencari tahu keterlibatannya.

“Ya, kaitannya dong, terkait apa tidak,” ujar Karyoto kepada wartawan, Jumat (13/10/2023).

Karyoto menjelaskan, seseorang apabila memang layak diperiksa, tentunya saksi akan dipanggil untuk dimintai keterangan.

“Ya kalau memang sudah layak untuk diperiksa, dimintai keterangan sebagai saksi, ya kita minta keterangan, nanti kita liat,” ucapnya.

Sementara itu, Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menyebutkan pihaknya akan menjadwalkan pemeriksaan terhadap Firli Bahuri terkait kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

“Nanti akan kita jadwalkan,” kata Ade Safri.

Selaras dengan Kapolda Metro, Ade Safri belum mengungkap lebih jauh mengenai kapan agenda pemeriksaan terhadap Firli Bahuri akan dilakukan.

BERITA TERKAIT