test

News

Kamis, 19 Oktober 2023 10:41 WIB

Polri Ungkap Penyelundupan Sabu-Senpi dari Thailand ke Indonesia

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Kasatgas P3GN Bareskrkm Polri Irjen Pol Asep Edi Suheri. (Foto: PMJ News/Fajar)

PMJ NEWS - Satgas Penanggulangan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P3GN) Bareskrim Polri mengungkap adanya modus baru penyelundupan narkotika jenis sabu dari Thailand ke Indonesia melalui Aceh Timur.

Kasatgas P3GN Bareskrkm Polri Irjen Pol Asep Edi Suheri mengatakan pengungkapan tersebut menjadi salah satu kasus menonjol yang diungkap periode 1-17 Oktober 2023.

“Pengungkapan kasus narkotika dengan barang bukti 16 kilogram sabu dan dua pucuk senjata api di Kabupaten Aceh Timur,” ujar Asep dalam konferensi pers di Mabes Polri, Rabu (18/10/2023).

Pengungkapan kasus tersebut bermula dari adanya laporan yang diterima di akhir September 2023 yang tentang adanya upaya pengiriman sabu dari Thailand ke Indonesia melalui Aceh.

Informasi tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan bekerja sama Satgas NIC Dittipidnarkoba Bareskrim Polri, Polda Aceh, dan Bea Cukai melakukan patroli laut dan pada 7 Oktober berhasil menemukan kapal yang berisi sabu dengan kemasan teh China seberat 16 kg.

Dalam pengungkapan tersebut didapatkan tiga orang tersangka berinisial MF, MSJ, dan MID beserta barang bukti dua pucuk senjata api laras panjang AR 15 dan AK 47, tiga magasin, 110 butir peluru kaliber 5,56 MM, satu peredam suara senjata api, satu pospor senjata, dan satu buah gagang senjata.

Kasubsatgas P3GN Bareskrim Polri, Brigjen Pol Mukti Juharsa menyampaikan atas pengungkapan kasus itu pihaknya kini terus melakukan pengembangan perihal sindikat lain yang terlibat.

“Pengembangan terus apakah masih ada senjata api lain yang sudah masuk. Jadi modus baru sekarang, senjata api diselundupkan bareng sabu,” jelasnya.

BERITA TERKAIT