test

News

Senin, 23 Oktober 2023 09:05 WIB

Dahsyat, Ini Lima Manfaat Minum Teh Lemon Jahe

Editor: Hadi Ismanto

Minuman herbal seperti teh lemon jahe dapat membantu meningkatkan kesehatan. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Lemon dan jahe telah digunakan untuk tujuan pengobatan sejak dulu. Minuman herbal seperti teh lemon jahe dapat membantu meningkatkan kesehatan karena memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Di satu sisi, jahe telah terbukti secara ilmiah dapat meredakan masalah pencernaan, mengurangi rasa mual, dan memiliki sifat anti inflamasi yang dapat meredakan ketidaknyamanan.

Di sisi lain, lemon menambahkan vitamin C dosis tinggi, dan flavinoid yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mendukung detoksifikasi.

Kombinasi kedua bahan bermanfaat ini berpotensi meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dengan meningkatkan pengelolaan berat badan dan meningkatkan metabolisme.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (23/10/2023), antioksidan dalam lemon dan jahe juga berkontribusi terhadap peningkatan kesehatan. berikut manfaat minum lemon jahe.

1. Meredakan Gangguan Pencernaan
Dua bahan jahe dan lemon dalam teh jahe lemon memiliki manfaat tersendiri untuk kesehatan pencernaan Anda. Lemon mengandung senyawa kimia yang disebut limonene, diketahui dapat membantu pencernaan.

Jahe juga merupakan komponen makanan terkenal yang memiliki efek karminatif meredakan perut kembung. Oleh karena itu, meminum teh jahe dan lemon dapat membantu meredakan gangguan pencernaan.

2. Meredakan Mual dan Muntah
Mual dan muntah yang berhubungan dengan kehamilan adalah kejadian paling umum yang menyerang sekitar 80% wanita di dunia. Oleh karena itu, efek berbagai obat serta bahan alami dalam mengatasi mual pada ibu hamil telah banyak diteliti.

Hasil tersebut menunjukkan bahwa 1 gram jahe per hari efektif meredakan mual dan muntah selama kehamilan tanpa efek samping yang berarti karena adanya komponen bernama gingerol yang memberikan sifat anti inflamasi.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Bahan utama dari teh jahe lemon adalah lemon segar yang kaya akan vitamin C, dan berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin ini membantu tubuh menghasilkan sel kekebalan atau sel darah putih dalam jumlah sehat yang bertanggung jawab untuk melawan infeksi dan penyakit.

Mengonsumsi teh lemon dan jahe secara konsisten dapat mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan tingkat antibodi untuk membunuh mikroba dengan cepat, dan bertindak sebagai antioksidan yang menurunkan kematian sel inang.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung
Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon dapat meningkatkan aliran darah di dalam pembuluh darah, yang penting untuk menjaga tekanan darah, sehingga menjaga kesehatan jantung.

Hal ini juga terbukti mencegah kekakuan arteri dan memiliki efek yang lebih baik pada profil lipid sehingga membantu mencegah penyumbatan jantung.

5. Baik untuk Kesehatan Hati
Kehadiran asam sitrat dalam lemon berkontribusi terhadap detoksifikasi hati karena mengaktifkan enzim hati dan molekul tertentu lainnya yang penting dalam jalur tersebut. Ia juga diketahui membantu regenerasi perubahan patologis tertentu di hati.

Bahkan, jahe berperan penting dalam memerangi penyakit hati seperti steatosis hati karena sifat anti-inflamasinya. Memasukkan teh lemon-jahe ke dalam makanan Anda dapat membantu menghilangkan racun dan mendetoksifikasi tubuh.

BERITA TERKAIT