test

News

Senin, 23 Oktober 2023 22:00 WIB

Kasus Naik, Begini Saran Dinkes DKI Jakarta Cegah Cacar Monyet

Editor: Hadi Ismanto

Juru Bicara Satgas Pengendalian Pencemaran Udara DKI Jakarta, Ani Ruspitawati. (Foto: PMJ News/Instagram)

PMJ NEWS - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta meminta warga melakukan langkah pencegahan penularan kasus cacar monyet atau monkeypox, seperti menjaga kebersihan, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), hingga menggunakan masker saat beraktivitas.

Diketahui, monkeypox bisa ditularkan melalui droplet berupa dahak, bersin, maupun air liur yang mengontaminasi lingkungan atau tangan, kontak kulit, kontak luka, cairan tubuh, serta kontak seksual.

"Salah satu cara yang bisa dilakukan masyarakat untuk mencegah penularan penyakit tersebut adalah rajin memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, terutama jika sedang sakit dan bertemu orang sakit," ungkap Plt Kepala Dinkes Provinsi DKI Jakarta Ani Ruspitawati dalam keterangannya, Senin (23/10/2023).

"Selain itu, kita juga perlu menjaga kesehatan reproduksi dengan baik dan saling setia dengan pasangan," sambungnya.

Di sisi lain, Ani memastikan pihaknya melakukan penelusuran kontak erat kasus mpox demi memutus rantai penularan. Dia pun mengimbau para kontak erat bersikap kooperatif saat dihubungi petugas medis.

"Untuk memutus rantai penularan, kami melakukan tracing pada kontak erat pasien," ujarnya.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang melakukan kontak erat dengan pasien monkeypox agar kooperatif saat dihubungi tenaga kesehatan dan bersedia untuk dilakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan yang ditunjuk," tambahnya.

Ani menjelaskan, secara global jumlah kumulatif pertama kali ditemukannya penyakit cacar monyet yang terkonfirmasi yaitu sebanyak 91.123 kasus di 115 negara dengan jumlah kematian 157 orang.

Adapun negara yang melaporkan kasus terbanyak pada September 2023 adalah China (365 kasus), Thailand (144 kasus), Portugal (86 kasus), dan Amerika Serikat (72 kasus).

"Beberapa tanda dan gejala khas penyakit monkeypox di antaranya terjadi demam, nyeri tulang dan otot, lenting isi air atau luka pada kulit, adanya benjolan atau pembesaran kelenjar getah bening di ketiak, leher, atau lipat paha," tukasnya.

BERITA TERKAIT