test

Kesehatan

Selasa, 24 Oktober 2023 09:05 WIB

Jarang Diketahui, Ini Lima Manfaat Konsumsi Buah Kaktus

Editor: Hadi Ismanto

Meski tidak semuanya, ada banyak jenis buah kaktus yang bisa dikonsumsi. (Foto: PMJ News/Utah Public Radio)

PMJ NEWS - Tanaman kaktus dikenal keras bahkan berduri dan sering dijadikan sebagai dekorasi di ruangan. Namun, ada beragam manfaat makan buah kaktus untuk kesehatan.

Meski tidak semuanya, ada banyak jenis buah kaktus yang bisa dikonsumsi. Masing-masing disebut kaya nutrisi dan banyak mengandung manfaat kesehatan.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (24/10/2023), berikut beberapa manfaat makan buah kaktus yang mungkin masih jarang diketahui, diantaranya:

1. Mengontrol Gula Darah
Salah satu jenis buah kaktus yang bisa dikonsumsi adalah Prickly Pear atau Pir Berduri. Buah ini juga biasa dikenal dengan sebutan nopal, opuntia, dan nama lainnya.

Kaktus pir berduri banyak dipromosikan untuk membantu mengobati penyakit seperti kolesterol tinggi hingga diabetes. Terkait alasannya, hal ini disebut karena kandungan antivirus dan sifat anti-inflamasinya.

Penggunaan kaktus pir berduri dikaitkan dalam pengelolaan gula darah. Pektin serat larut dalam pir berduri memiliki sifat penurun gula darah.

Sebuah tinjauan yang memuat beberapa penelitian menemukan bahwa konsumsi pir berduri menyebabkan penurunan kadar gula darah dan insulin secara signifikan.

Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian guna memahami efek dan bagian pir berduri yang paling bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

2. Melindungi Saluran Pencernaan
Kaktus memiliki banyak serat pangan yang bermanfaat dalam proses pencernaan. WebMD juga menyebutkan kaktus mempunyai kandungan betalain dan potasium.

Di satu sisi, bukti lain punya sifat anti-inflamasi, sehingga bisa melindungi saluran pencernaan. Sedangkan kalium dapat membantu tubuh dalam menyerap nutrisi lebih optimal.

3. Menurunkan Berat Badan
Serat dalam kaktus pir berduri dikatakan mampu membantu penurunan berat badan. Adapun caranya adalah dengan mengikat lemak makanan, meningkatkan ekskresinya, dan mengurangi penyerapan energi.

Tak hanya itu, mereka juga memiliki kandungan vitamin B kompleks yang bermanfaat mempercepat laju metabolisme. Jadi, akan lebih banyak kalori yang dibakar tubuh.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Buah kaktus adalah sumber vitamin C yang baik. Salah satu manfaatnya adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh. Konsumsi vitamin C teratur akan meningkatkan produksi sel darah putih. Artinya, tubuh Anda akan sangat terbantu untuk melawan virus.

5. Menyehatkan Kulit dan Rambut
Konsumsi buah kaktus pir berduri sering dibanggakan sebagai cara mendapatkan kulit bersinar dan rambut sehat. Hal ini mungkin didapat dengan kandungan senyawa dan nutrisinya seperti vitamin C dan pigmen betalain yang punya sifat anti-inflamasi.

Selain itu, kaktus pir berduri juga mengandung asam lemak tak jenuh ganda di bagian biji dan kulitnya. Manfaat yang bisa diambil adalah berperan dalam kesehatan kulit dan rambut.

BERITA TERKAIT