test

Kesehatan

Rabu, 1 November 2023 09:05 WIB

Bukan Kaleng-kaleng, Ini Lima Manfaat Konsumsi Sayuran

Editor: Hadi Ismanto

Rutin mengonsumsi sayur dapat membantu menjaga kesehatan. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Para ahli kesehatan sepakat mengonsumsi sayur bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, sayur merupakan makanan yang kaya akan vitamin A, vitamin C, nutrisi, serat, potassium dan asam folat.

Sayur juga mengandung antioksidan yang menguatkan imun tubuh. Kandungan itulah yang dapat membantu Anda menjaga kesehatan tubuh dan terhindar dari berbagai risiko penyakit.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (1/11/2023), berikut sederet manfaat konsumsi sayuran yang dimasak dengan benar:

1.Menurunkan Resiko Kanker
Sayuran seperti kol, kembang kol, dan brokoli mengandung indoles dan isothiocyanates. Keduanya merupakan komponen yang diyakini dapat melindungi tubuh dari kanker usus besar, kanker payudara, kanker kulit dan beberapa jenis kanker lainnya.

Brokoli yang masih berbentuk tunas juga memiliki kandungan sulforaphane lebih tinggi dibandingkan dengan brokoli yang sudah besar. Komponen ini diketahui memiliki kemampuan dalam melindungi tubuh dari kanker.

2. Baik untuk Pencernaan
Sayur merupakan sumber serat terbaik untuk tubuh. Serat merupakan komponen yang penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mencegah konstipasi serta gangguan pencernaan lainnya.

Selain itu, dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi serat tentunya akan menurunkan risiko terkena kanker usus besar.

3. Mencegah Hipertensi
Sayuran hijau kaya akan kandungan nitrit dan nitrat, sehingga bisa melindungi kita dari tekanan darah tinggi. Selain itu, lemak tak jenuh dari kacang-kacangan serta minyak zaitun juga dapat memberikan efek yang sama

4. Membantu Redakan Stres
Tidak banyak tahu manfaat sayur yang satu ini, sayur juga bisa membantu meredakan stress karena ia secara alami akan membantu memperbaiki suasana hati.

Selain itu, mengonsumsi sayur juga akan membuat kita merasa lebih sehat dan segar. Bahkan, sayur juga dipercaya bisa membantu meredakan gejala depresi.

5. Menjaga Berat Badan Ideal
Sayur juga merupakan sumber makanan sehat yang rendah lemak serta kalori. Sehingga, makanan ini baik untuk anda yang sedang menjalani diet dan mencoba membatasi asupan kalori ke tubuh.

Manfaat ini tidak bisa didapatkan jika sayur diolah dengan benar. Manfaat sayur akan tertutupi jika pengolahannya dilakukan dengan digoreng atau dibumbui dengan banyak minyak, garam, maupun bahan-bahan lain yang tinggi lemak.

BERITA TERKAIT