test

Kesehatan

Kamis, 2 November 2023 09:05 WIB

Dahsyat, Ini Lima Manfaat Konsumsi Buah Durian Bagi Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Manfaan konsumsi durian bagi kesehatan. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Buah durian dikenal memiliki rasa dan aroma yang khas. Buah khas Asia Tenggara ini mengandung banyak nutrisi yang berguna untuk kesehatan tubuh.

Durian mempunyai kandungan vitamin B, C, zat besi, potasium, senyawa nabati, lemak sehat dan serat. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (2/11/2023), berikut manfaat mengonsumsi durian bagi kesehatan.

1. Mengatasi Insomnia
Durian memiliki senyawa bernama triptofan, yang bisa memberikan efek mengantuk (sedasi). Selain itu, kandungan vitamin B kompleks, kalsium, dan zat besi juga berkontribusi terhadap kualitas tidur yang baik.

2. Menurunkan Risiko Kanker
Kandungan antioksidan yang tinggi pada durian berperan untuk mencegah pembentukan sel-sel abnormal di dalam tubuh. Buah ini mengandung polifenol yang memiliki efek antikanker.

3. Cegah Penuaan Dini
Buah durian mengandung banyak antioksidan yang berperan dalam melawan radikal bebas. Sel-sel tubuh pun akan terhindar dari kerusakan. Dengan begitu, makan durian bisa bikin Anda lebih awet muda!

4.Menjaga Kesehatan Jantung
Durian ternyata dapat menunjang kesehatan jantung, karena mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Tak lain, manfaat durian ini berkat kandungan serat di dalamnya.

5. Cegah Depresi
Kandungan asam amino esensial triptofan di dalam durian bekerja dengan meningkatkan kadar serotonin. Manfaatnya tak hanya meningkatkan kualitas tidur saja, tapi juga sebagai penstabil suasana hati. Hal ini berdampak pada penurunan kadar depresi dan kecemasan dalam tubuh.

BERITA TERKAIT