test

News

Kamis, 2 November 2023 09:38 WIB

Hadapi Libur Nataru, Korlantas Polri Siapkan Operasi Lilin 2023

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan beri keterangan. (Foto: PMJ/Ist).

PMJ NEWS - Korlantas Polri mulai mempersiapkan jalur yang akan dilintasi di Pulau Jawa jelang Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) dalam Operasi Lilin 2023. Persiapan tersebut dilakukan dengan melakukan peninjauan yang dimulai dari Pos Lalu Lintas Cikopo, Puwakarta hingga ke Pos Kalikangkung yang dilaksanakan pada hari Rabu (1/11/2023) kemarin.

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan menyampaikan, dalam tinjauan tersebut pihaknya sudah menyiapkan strategi untuk mengantisipasi apabila terjadi kepadatan.

Strategi yang disiapkan yakni diantaranya dengan membatasi kendaraan angkutan barang yang melintas, serta penerapan Contra flow dengan menambah satu hingga lajur sesuai dengan kondisi kepadatan nantinya.

“Kemudian dititik pertemuan Cisumdawu dan Cipali di KM 152 kemungkinan akan terjadi pertemuan arus dari Bandung dan arah Jakarta ini juga sudah kita antisipasi,” ujar Aan dalam keterangannya, Kamis (2/11/2023).

“Kita simulasi CB (cara bertindak) apa yang akan kita lakukan sehingga prediksi terjadi kepadatan dan perlambatan di sini bisa kita antisipasi dengan melakukan dobrak (pembukaan contraflow) ke KM sebelumnya dan masuk kembali di KM setelahnya” lanjutnya.

Peninjauan kemudian dilanjutkan ke KM 86 A dimana di lokasi tersebut sedang dilakukan pelebaran jalan. Kemudian juga dilakukan pengecekan di KM 153 A entrance KM 153 A entrance (jalur masuk) Cisumdawu – Cipali dan berlanjut ke Pos Lalu Lintas Kalikangkung.

“Pemaparan dari Wadirlantas, Bina Marga dan beberapa stakeholder untuk jalur arteri baik itu Pantura Tengah, Selatan ini kondisi jalan 90% kondisi yang mantap bisa di dahului bagus,” ucap Aan.

Ditambahkannya, Aan berpesan kepada masyarakat dan juga anggota yang bertugas nantinya untuk waspada terkait curah hujan yang turun pada bulan Desember nanti yang berpotensi gangguan.

“Antisipasi curah hujan jatuh di bulan Desember kemungkinan sudah ada hujan, dan saya tadi pesankan teman-teman wilayah Jateng untuk antisipasi genangan, banjir maupun tanah longsor atau bencana,” pungkasnya.

BERITA TERKAIT