test

News

Jumat, 10 November 2023 09:39 WIB

Tim Gabungan TNI AL Gagalkan Penyelundupan 23 Kg Sabu di Perbatasan RI

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Tim Gabungan TNI AL Gagalkan Penyelundupan 23 Kg Sabu di Perbatasan Indonesia. (Foto: PMJ/Ist).

PMJ NEWS - Penyelundupan narkotika jenis sabu sebanyak 23 paket dengan berat total 23 kilogram dari Malaysia ke Indonesia digagalkan TNI Angkatan Laut (AL) bekerja sama dengan tm gabungan Bea Cukai Kota Tarakan dan BNNP Kalimantan Utara.

Komandan Lantamal XIII Tarakan Laksamana Pertama TNI Deni Herman mengatakan bahwa terdapat 3 tersangka dalam kegiatan itu, dengan satu tersangka diantaranya dalam upaya pencarian.

“Dari hasil pendalaman terhadap barang bukti, ditemukan 23 paket berisi 23 kilogram narkoba jenis Methamphetamine atau sabu-sabu,” ujar Deni dikutip dari laman TNI, Jumat (10/11/2023).

Penggagalan upaya penyelundupan di perairan Muara Pekin, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, pada Rabu (8/11/2023) lalu bermula dari sharing informasi Intelijen TNI AL, BNNP Kalimantan Utara dan Bea Cukai Tarakan yang ditindaklanjuti dengan pengintaian dari tanggal 4 November 2023 di sejumlah titik perairan Tarakan dan perairan Bulungan.

Pengintaian kemudian mendeteksi adanya proses ship to ship penyelundupan Narkoba pada tanggal 6 November 2023 dan segera melakukan penyergapan.

“Pada proses penyergapan tersebut didapati 3 tersangka awak kapal yang berusaha melarikan diri dengan melompat ke laut dan berenang, setelah sebelumnya membuang barang bukti ke laut,” katanya.

“Tim gabungan berhasil mengamankan barang bukti yang sempat dibuang di laut serta 2 tersangka untuk dilaksanakan pendalaman di kantor BNNP Kalimantan Utara dan satu 1 tersangka lainnya masih dalam pencarian,” lanjutnya.

Lebih lanjut, ia nuga menyampaikan bahwa penyelundupan narkoba dengan proses ship to ship di perairan wilayah Kalimantan Utara memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi dalam penangkapannya.

Namun dengan proses koordinasi intens antara TNI AL, BNNP Tarakan, Bea Cukai Tarakan, serta Kepolisian, penyelundupan narkoba dari Malaysia ke Indonesia berhasil digagalkan.

“Tentunya sinergitas ini akan terus ditingkatkan guna bahu membahu serta bekerjasama dalam melaksanakan patroli guna menjaga stabilitas keamanan di perairan perbatasan Indonesia – Malaysia dari segala bentuk ancaman dan pelanggaran hukum,” tandasnya.

BERITA TERKAIT