test

News

Senin, 13 November 2023 16:35 WIB

Target Pasang 70 Kamera ETLE di Jakarta, Polda Metro: Selesai Desember

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Fajar Ramadhan

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS -  Ditlantas Polda Metro Jaya terus berupaya meningkatkan ketertiban dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya, salah satunya dengan menempatkan kamera tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Di tahun 2023 ini Ditlantas Polda Metro Jaya menargetkan menyelesaikan pemasangan 70 kamera ETLE di wilayah hukum Polda Metro.

“70 itu, yang 70. Udah, udah (mulai dipasang),” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman kepada wartawan, Senin (13/11/2023).

Latif menuturkan, 70 kamera ETLE itu rencananya akan diselesaikan seluruh pemasangannya pada bulan Desember 2023, dan bisa dioperasionalkan Januari tahun depan.

Desember ini udah selesai semua (pemasangan 70 kamera ETLE). Tinggal running untuk operasionalnya aja. Ya Januari lah udah harus operasional,” kata Latif.

Pemasangan 70 kamera ETLE itu, Latif melanjutkan, untuk memonitor jalur-jalur yang terdapat banyak pelanggaran lalu lintas, seperti melawan, masuk jalur TransJakarta, dan juga yang masuk atau melewati Jalan Layang Non Tol (JLNT).

“Ya memang kan perlu sejalur itu banyak pelanggaran yang perlu kita awasi itu,” ucap Latif.

Diberitakan sebelumnya, Polda Metro Jaya berencana menambah kamera tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Jakarta sebanyak 70 titik. Untuk titik lokasinya, saat ini Polda Metro masih melakukan kajian.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan bahwa saat ini jumlah kendaraan di Jakarta sudah mencapai 22,4 juta. Dengan panjang ruas jalan 7.800 kilometer, maka dikhawatirkan terjadi penumpukan di sejumlah ruas jalan Ibu Kota.

“Karenanya penerapan ETLE sangat tepat. Kami bersama Dishub akan berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan,” ungkap Latif seperti dikutip dari laman NTMC Polri, Kamis (26/1/2023).

Sementara Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan ada beberapa manfaat menggunakan ETLE untuk penilangan. Salah satunya adalah memudahkan pendataan kepemilikan kendaraan bermotor agar semakin akurat di Jakarta.

Menurut dia, ETLE ini juga sangat efisien untuk pengawasan di lapangan. Lalu manfaat lainnya adalah bisa meminimalisir paparan polusi terhadap petugas, serta menumbuhkan ketaatan pengguna jalan.

“Dengan cara itu, masyarakat juga terdorong untuk beralih menggunakan kendaraan umum,” jelas Syafrin.

BERITA TERKAIT