test

News

Rabu, 15 November 2023 10:41 WIB

94 Saksi dan Ahli Sudah Diperiksa dalam Kasus Dugaan Pemerasan Kepada SYL

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Syahrul Yasin Limpo hadir di Bareskrim Polri untuk menjalani pemeriksaan terkait kasus dugaan pemerasan. (Foto: PMJ News/Fajar)

PMJ NEWS - Total sudah 94 orang dilibatkan untuk dimintai keterangan dalam pemeriksaan di tahap penyidikan kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan per hari Senin (13/11/2023) sudah dilakukan pemeriksaan terhadap 86 orang saksi.

“Telah dilakukan pemeriksaan sampai dengan hari Senin kemarin tanggal 13 November 2023 sebanyak 86 orang saksi, telah dilakukan pemeriksaan terhadap 86 orang saksi,” ujar Ade Safri dalam keterangannya, Rabu (15/11/2023).

Saksi-saksi yang diperiksa dalam kasus tersebut diantaranya Syahrul Yasin Limpo di tahap penyelidikan dan penyidikan serta Ketua KPK Firli Bahuri di tahap penyidikan.

Selanjutnya saksi-saksi yang diperiksa di tahap penyelidikan dan penyidikan yaitu eks ajudan Firli Bahuri, Kevin Egananta. Lalu ada Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar, Direktur Dumas KPK Tomi Murtomo, serta dua orang eks pimpinan KPK Saut Situmorang dan M Jasin.

Lalu juga ada eks Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementerian Pertanian Muhammad Hatta, yang diperiksa di Bareskrim Polri beberapa waktu yang lalu bersamaan dengan Syahrul Yasin Limpo.

Selain melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi, Ade Safri melanjutkan, pihaknya juga memeriksa sebanyak 8 orang ahli.

“Yang terdiri dari 4 orang ahli hukum pidana, kemudian satu orang ahli hukum acara, yang ketiga berikutnya adalah ahli atau pakar mikro ekspresi, selanjutnya adalah satu orang ahli multimedia dan yang terakhir adalah satu orang ahli digital forensik,” jelasnya.

Total saksi dan ahli yang sudah diperiksa tersebut merupakan rangkaian penanganan kasus yang sudah dinaikkan statusnya menjadi penyidikan sejak 6 Oktober 2023 lalu.

BERITA TERKAIT