test

Suara Pemilu

Kamis, 16 November 2023 13:34 WIB

KPU Sebut Logistik Pemilu Tahap Pertama Sudah Dikirim ke Kabupaten-Kota

Editor: Hadi Ismanto

Komisi Pemilihan Umum. (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ NEWS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyebut pengadaan dan distribusi paket logistik Pemilu 2024 tahap pertama sudah hampir rampung. Paket tersebut antara lain kotak suara, tinta, bilik pemungutan suara, segel hingga kabel ties.

"Logistik sudah mulai diadakan dan sudah mulai dikirim, sudah mulai diterima oleh KPU Kabupaten/Kota," ungkap Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari seperti dikutip pada Kamis (16/11/2023).

Berdasarkan data KPU hingga Senin (13/11), produksi bilik pemungutan suara saat ini telah mencapai 95 persen. Produksi bilik pemungutan suara itu dilakukan pada 23 September-21 November 2023.

Sementara untuk produksi kotak suara saat ini telah mencapai 89 persen dan produksi tinta 86 persen. Kemudian untuk produksi segel 69 persen dan produksi segel plastik mencapai 67 persen.

Di sisi lain, Komisioner KPU RI Yulianto Sudrajat mengatakan sudah mulai memesan surat suara dan beberapa logistik lain yang masuk pada tahap kedua.

Drajat menambahkan untuk pemesanan surat suara tahap kedua ini baru dapat dilakukan setelah penetapan daftar calon tetap (DCT) anggota legislatif.

"Sudah, hari ini mulai klik untuk e-katalog nasionalnya. Di antaranya seluruh lima jenis surat suara, kan pasca penetapan DCT itu kan," paparnya.

"Terus, berikutnya untuk formulir. Terus kemudian sampul. Terus kemudian juga template untuk tunanetra. Itu merupakan kontrak dari logistik tahap kedua," imbuhnya.

BERITA TERKAIT