test

Kesehatan

Minggu, 19 November 2023 14:05 WIB

Dahsyat, Ini Lima Manfaat Biji Labu Kuning Bagi Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Biji labu kuning ternyata memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. (Foto: PMJ News/That Baker Gal)

PMJ NEWS - Labu kuning biasa diolah menjadi sayur atau sebagai bahan dasar membuat kue. Selain buahnya yang bisa dikonsumsi, biji labu kuning ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Berdasarkan data dari United States Department of Agriculture (USDA), setiap dua sendok makan biji labu kuning (sekitar 28 gram) bisa menjadi sumber magnesium, seng, tembaga, dan selenium yang baik.

Seperti dikutip dari berbagai sumber, Minggu (19/11/2023), berikut sederet manfaat biji labu kuning bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Rutin mengonsumsi biji labu kuning dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan sel imun tubuh memperoleh manfaat dari kandungan antioksidan dalam biji labu kuning.

2. Menjaga Kesehatan Hati dan Jantung
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa omega-3 pada biji labu kuning dapat menurunkan risiko trombosis dan aritmia, yang menyebabkan serangan jantung, stroke, dan kematian jantung mendadak.

Selain itu, omega-3 pada biji labu kuning juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, mengurangi plak pada dinding arteri, serta memperbaiki fungsi endotel (ukuran kesehatan peredaran darah).

3. Mencegah Osteoporosis
Fitoestrogen yang terdapat pada biji labu kuning memiliki efek menyerupai hormon estrogen yang ada di tubuh manusia. Oleh sebab itu, salah satu manfaat labu kuning adalah mampu mencegah osteoporosis pada wanita yang telah menopause.

4. Memantu Cegah Kanker
Biji labu kuning juga berpotensi sebagai pencegah kanker. Fitoestrogen pada biji labu kuning mampu menekan hormon yang berkaitan dengan terjadinya tumor, sehingga menurunkan risiko berkembangnya kanker.

5. Mengurangi Cemas Saat Stres
Biji labu kuning mengandung konsentrasi triptofan asam amino yang tinggi. Kandungan ini dapat menjadi obat penenang alami, yang membantu menurunkan kecemasan saat Anda stres.

BERITA TERKAIT