test

News

Senin, 20 November 2023 12:36 WIB

Presiden Jokowi Lepas Bantuan Tahap Dua Bagi Rakyat Palestina

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi kembali melepas bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali melepas bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina. Bantuan tersebut merupakan pengiriman tahap kedua setelah bantuan pertama dikirim pada awal November 2023.

Bantuan ini dikirim menggunakan pesawat kargo BBN Airlines melalui Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Senin (20/11/2023) sekitar pukul 08.30 WIB.

"Alhamdulillah, kita kirim lagi bantuan kepada saudara kita di Gaza dengan dua pesawat," ujar Jokowi saat kepada wartawan sebelum pelepasan.

Lebih lanjut Jokowi menjelaskan, bantuan tahap kedua ini dikirim sebanyak 21 ton. Bantuan yang dikirim hari ini mayoritas terdiri dari alat medis, obat-obatan, hingga makanan.

"Yang ini adalah berupa obat-obatan, perlengkapan rumah sakit, makanan dan keperluan lainnya sesuai kebutuhan masyarakat di Gaza. Bantuan bersumber dari anggaran pemerintah sebesar Rp 31,9 miliar dan juga dari perusahaan, dari masyarakat," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Jokowi memastikan Indonesia akan terus memberikan dukungan untuk Palestina. Bahkan, pemerintah melalui Menlu Retno Marsudi tengah berupaya menggalang dukungan agar kekerasan di Gaza dihentikan.

"Dan sebagai salah satu utusan khusus OKI, Menlu sedang berada di beberapa negara untuk menggalang dukungan agar kekejaman di Gaza segera dihentikan, mungkin gencatan senjata dan bantuan kemanusiaan bisa masuk dengan baik," tukasnya.

Turut hadir dalam pelepasan bantuan ini, Dubes Palestina untuk Indonesia Zuhair S.M Al Shun, Menkeu Sri Mulyani, Menkes Budi Gunadi Sadikin, dan Menko PMK Muhadjir Effendy.

Kemudian Wamenlu Pahala Mansury, Kapolri Jenderal Listyo Sigit, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

BERITA TERKAIT