test

News

Selasa, 21 November 2023 10:03 WIB

Presiden Jokowi Kirim Bantuan Kemanusiaan Tahap 2 Indonesia untuk Palestina

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Presiden Jokowi kirim bantuan tahap 2 ke Palestina. (Foto: PMJ/Ist).

PMJ NEWS - Bantuan Kemanusiaan tahap ke-2 pemerintah Indonesia untuk masyarakat Palestina di Gaza secara resmi telah dikirim melalui prosesi pelepasan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Adapun bantuan kemanusiaan yang dikirimkan tersebut yakni berupa obat-obatan, perlengkapan rumah sakit, dan juga kebutuhan-kebutuhan lainnya.

“Alhamdulillah kembali lagi kita mengirimkan bantuan pada Saudara-saudara kita di Gaza sebanyak dua pesawat, yang akan diangkut sebesar 21 ton, yang ini adalah berupa obat-obatan, kemudian perlengkapan rumah sakit, makanan, dan barang keperluan lainnya sesuai kebutuhan masyarakat di Gaza,” ujar Jokowi dikutip dari laman Presiden, Selasa (21/11/2023).

Jokowi menuturkan bahwa bantuan kemanusiaan yang dikirimkan tak hanya berasal dari pemerintah saja, namun juga dari sektor swasta maupun sejumlah organisasi kemanusiaan turut berpartisipasi.

“Bantuan ini bersumber dari anggaran pemerintah sebesar Rp31,9 miliar dan juga berasal dari perusahaan, dari masyarakat, antara lain dari PT Paragon Teknologi Inovasi, kemudian Indonesian Humanitarian Alliance, Kitabisa, Baznas, WeCare, dan yang lain-lainnya,” paparnya.

Seperti prosesi pengiriman bantuan kemanusiaan tahap pertama, bantuan kali ini  juga akan dikirimkan melalui Bandara El Arish, Mesir, yang nantinya akan disalurkan ke Gaza.

“Selain bantuan kemanusiaan, Indonesia juga akan terus memberikan dukungan politik bagi Palestina,” ucapnya.


BERITA TERKAIT