test

Kesehatan

Sabtu, 9 Desember 2023 15:39 WIB

Tak Banyak yang Tahu, Ini Manfaan Makan Buncis Bagi Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Selain memiliki cita rasa yang segar, buncis juga mengandung beragam manfaat untuk kesehatan. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Buncis merupakan salah satu jenis sayur yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Sayuran ini kaya akan antioksidan, termasuk vitamin C, flavonol, quercetin, dan kaempferol.

Selain memiliki cita rasa yang segar, buncis juga mengandung beragam manfaat untuk kesehatan. Selain itu, sayur berwarna hijau ini cocok dikonsumsi oleh orang yang ingin menurunkan berat badan hingga ibu hamil.

Seperti dikutip dari laman Redbook, Sabtu (9/12/2023), berikut manfaat mengonsusi buncis bagi kesehatan:

1. Menurunkan Berat Badan
Konsumsi buncis akan mendapatkan protein yang cukup untuk tubuh karena sayuran ini juga kaya serat. Serat adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi sembelit dan melancarkan pencernaan. Cocok bagi orang yang sedang melakukan program diet untuk menyantap buncis.

"Buncis adalah sumber protein dan serat nabati yang sangat baik. Makanan ini meningkatkan rasa kenyang dan mendukung pengelolaan berat badan," ungkap pakar nutrisi, Frances Largeman-Roth, RDN.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular
Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Canadian Medical Association Journal pada 2014, makan enam ons buncis dapat menurunkan kolesterol jahat sebesar lima persen. Hal itu memengaruhi penurunan risiko penyakit kardiovaskular hingga ke enam persen.

3. Mengurangi Stres
Menurut pakar nutrisi, Lauren McAlister, RD, buncis adalah sumber magnesium yang baik. Apalagi kandungan mineral buncis dapat mendukung tidur, mengurangi stres, dan keseimbangan hormonal.

"Sengaja menambah buncis di piring, kandungan magnesiumnya dapat mengurangi rasa cemas dan membuat seseorang relaks dalam kehidupan sehari-hari," tutur McAlister.

4. Mendukung Kehamilan
Ibu hamil sangat cocok menyantap buncis, karena makanan ini mengandung folat yang dibutuhkan untuk janin. "Folat adalah salah satu nutrisi yang paling direkomendasikan untuk kehamilan sehat, karena mendukung perkembangan saraf," ujar ahli gizi Serena Poon, RDN.

"Sekitar 200 gram buncis mengandung 18 persen folat dari rekomendasi harian untuk ibu hamil. Buncis juga merupakan sumber kolin yang baik, penting untuk perkembangan otak yang sehat pada janin," terangnya.

5. Menyehatkan Kulit
Menurut Poon, buncis adalah sumber asam lemak esensial yang diketahui bermanfaat bagi kesehatan kulit. Hal ini disebabkan buncis juga mengandung beta karoten sekitar tiga persen dan dapat membantu melindungi sel kulit dari radikal bebas hingga sinar UV.

BERITA TERKAIT