test

News

Selasa, 12 Desember 2023 15:08 WIB

Libur Nataru Ingin ke Luar Negeri, Jangan Lupa Vaksinasi Covid-19

Editor: Fitriawan Ginting

Seorang warga tengah mendapatkan pelayanan vaksinasi Covid-19. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Libur Natal dan Tahun Baru 2023-2024 ini akan banyak dimanfaatkan masyarakat untuk liburan bersama keluarga. Tidak hanya di tempat wisata Indonesia, namun juga banyak yang ke mancanegara atau ke luar negeri.

Untuk masyarakat yang hendak liburan ke luar negerim diingatkan agar melakukan vaksinasi Covid-19. Ini penting dilakukan mengingat tengah terjadi juga kenaikan kasus di beberapa negara lain seperti Singapura, Malaysia, dan Filipina.

Rekomnedasi tersebut tertuang dalam surat edaran tentang Kewaspadaan Terhadap Lonjakan Covid-19 bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri yang dibuat oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

Dalam surat edaran tersebut pelaku perjalanan luar negeri mempunyai risiko tertular Covid-19 akibat interaksi dengan orang lain dari berbagai negara. Setiap orang perlu dipastikan mempunyai kekebalan yang cukup untuk melakukan perjalanan sehingga tidak tertular dan menjadi sumber penularan selama perjalanan dan ketika kembali ke Tanah Air.

”Sehingga sangat direkomendasikan untuk segera melengkapi vaksinasi COVID-19 baik dosis primer maupun booster sesuai ketentuan,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI, dokter Siti Nadia Tarmizi, M.Epid di Jakarta, Senin (11/12/2023) dalam keterangan tertulisnya.

Kemenkes juga sudah meminta agar Dinas Kesehatan tingkat provinsi dan kabupaten/kota memastikan vaksin Covid-19 tersedia serta bisa diakses masyarakat.

”Kepala Dinas Kesehatan provinsi dan kabupaten/kota diminta untuk memastikan semua puskesmas dan fasyankes lainnya yang berada di wilayah kerjanya tetap memberikan pelayanan vaksinasi Covid-19,” paparnya.

Pemerintah daerah juga diminta untuk menjamin ketersediaan vaksin dan logistik lainnya. Pemerintah daerah juga memastikan masyarakat mendapatkan informasi dengan baik mengenai lokasi mendapatkan layanan vaksinasi Covid-19.

BERITA TERKAIT