test

News

Jumat, 15 Desember 2023 16:36 WIB

Kasus Covid-18 Naik Lagi, Jokowi Minta Kemenkes Amati Perkembangannya

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi saat meninjau proyek MRT Fase 2. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin untuk mengamati betul perkembangan kenaikan kasus Covid-19 dalam beberapa waktu belakangan.

"Iya, saya sudah memerintahkan kepada Menteri Kesehatan untuk diikuti dan diamati betul secara detail perkembangannya seperti apa ya," ungkap Jokowi di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (15/12/2023).

"Menteri Kesehatan menyampaikan masih dalam kondisi baik," sambungnya.

Disinggung soal kemungkinan pemberlakukan wajib masker seperti saat pandemi Covid-19, Jokowi mengatakan hal tersebut belum diwacanakan. Saat ini Kementerian kesehatan masih memantau perkembangannya.

"Belum sampai ke sana (pakai masker) selalu diikuti (perkembangan COVID-19) dan diamati oleh Menteri Kesehatan dan jajaran," ucapnya.

Sebagai informasi, Kementerian Kesehatan RI melaporkan kasus harian COVID-19 di Indonesia bertambah 35 sampai 40 kasus per 6 Desember 2023, dengan jumlah pasien dirawat di rumah sakit tercatat 60-131 orang.

Situasi itu memicu peningkatan tingkat keterisian rumah sakit ini 0,06 persen dan angka kematian 0-3 kasus per hari. Kenaikan kasus ini didominasi oleh subvarian Omicron XBB 1.5 yang juga menjadi penyebab gelombang infeksi Covid-19 di Eropa dan Amerika Serikat.

Selain itu, juga dideteksi subvarian EG2 dan EG5. Meski begitu, kenaikan kasus masih jauh lebih rendah dibandingkan saat pandemi yang mencapai 50 ribu-400 ribu kasus per pekan.

BERITA TERKAIT