test

News

Senin, 25 Desember 2023 07:09 WIB

Tinjau Gereja Katedral, Menko PMK-Kapolri Cek Pengamanan Misa Natal

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Fajar Ramadhan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Menko PMK) Muhadjir Effendy melakukan pengecekan pengamanan Misa Natal di Gereja Katedral. (Foto: PMJ News/Fajar)

PMJ NEWS - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan kunjungan dan pengecekan pengamanan kegiatan Misa Malam Natal di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Minggu (24/12/2023).

Dalam kunjungan tersebut, Kapolri juga didampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letnan Jenderal TNI Bambang Ismawan, serta Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki.

“Memastikan bahwa seluruh rangkaian pelaksanaan pengamanan Misa Natal berjalan dengan aman, baik dari sisi kesiapan anggotanya maupun ibadah itu sendiri yang kita harapkan tidak ada yang terganggu di dalam pelaksanaan perayaan Misa Natal,” ujar Sigit di Gereja Katedral, Minggu (24/12/2023) sore.

Sigit menerangkan bahwa kurang lebih sebanyak 39.495 gereja di seluruh Indonesia dilakukan pengamanan oleh Polri dan juga unsur lain, mulai dari TNI, pemerintah daerah, dan juga dari organisasi masyarakat (ormas).

“Bagi kita ini menunjukkan toleransi beragama di Indonesia sangat luar biasa dan itu dibuktikan dengan tanpa memandang agama, suku, semuanya ikut terlibat dalam kegiatan pengamanan ibadah," jelasnya.

Lebih lanjut, Sigit menyampaikan bahwa Polri melalui Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror mengamankan belasan orang dalam rangka mencegah adanya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Atensi kami hal yang akan mengganggu kelancaran ibadah. Dari sisi prediksi Kamtibmas, kita tentunya juga melakukan langkah-langkah, termasuk mengamankan 18 orang yang saat ini kita lakukan pendalaman, diamankan oleh teman-teman dari Densus 88," tuturnya.

"Dan Saya perintahkan kepada seluruh anggota untuk terus siaga, layani baik rangkaian kegiatan Ibadah Natal maupun kegiatan mudik balik dan tempat-tempat wisata. Harapan kita seluruh rangkaian natal sampai pergantian tahun dapat berjalan dengan aman,” imbuhnya.

Sementara itu, dalam keterangan terpisah Muhadjir Effendy menyampaikan pesan dan salam dari Presiden Joko Widodo dalam kegiatan di Gereja Katedral tersebut.

“Kita juga tentu saja membawa oesan dari bapak presiden untuk menyampaikan salam kepada umat Kristen, umat Kristiani khususnya Katolik yang berada di Katedral ini, dan mudah-mudahan semuanya berjalan lancar,” ucap Muhadjir.

BERITA TERKAIT