test

News

Senin, 25 Desember 2023 13:04 WIB

Pantau Lalin Nataru, Kakorlantas Polri Tinjau Pelabuhan Merak-Tol Cipali

Editor: Hadi Ismanto

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan melakukan pemantauanudara dan jalur darat untuk memastikan Libur Natal dan Tahun Baru berjalan lancar. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan melakukan pemantauan langsung melalui udara dan jalur darat untuk memastikan Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 berjalan aman dan lancar

"Untuk arah Pelabuhan Merak ini masih normal lalu lintas per jamnya masih di bawah 3000 (kendaraan), artinya kita belum melakukan rekayasa lalu lintas," ungkap Aan Suhanan dikutip pada Senin (25/12/2023).

"Untuk itu juga masuk ke dermaga masih longar masih hijau sehingga kita belum melakukan intervensi melakukan strategi delay system," sambungnya.

Sedangkan, pada jalur Tol Jakarta-Cikampek (Japek) hingga Cipali (Cikopo-Palimanan) sudah mengalami peningkatan volume kendaraan sejak malam kemarin. Oleh karena itu, pihaknya melakukan rekayasa lalu lintas berupa contraflow.

"Pantauan Japek sampai Cipali dari pagi memang sudah ada peningkatan dari semalam sekitar jam 21.00-22.00 WIB sudah ada peningkatan ke arah Jawa Timur-Bandung. Kemudian puncaknya jam 06.00 WIB-07.00 WIB kami melakukan contraflow dari Km 47 sampai Km 65,” Jelasnya.

"Di siang hari ada peningkatan per jamnya sudah mencapai 6.000 (kendaraan), itu artinya kita harus menambah dua lajur, kemudian kita tarik ke belakang untuk contraflow ini sampai ke Km 36, jadi mulai dari Km 36 kita rubah contraflow satu lajur, Km 47 kita buka sampai Km 65 ini bisa menguras arus lalu lintas menjadi landai," imbuhnya.

Dari hasil tinjauannya, Aan Suhanan menyampaikan masih ada beberapa catatan mulai dari kendaaran mogok, rest area mengalami kepadatan, pertemuan bottleneck dan kendaraan sumbu tiga ke atas yang masih beroperasional.

"Pertama gangguan samping artinya kita sudah melakukan upaya-upaya rekayasa lalu lintas ganguan samping kendaraan yang mogok kemudian angkutan umum yang mogok ini cukup banyak sehingga ini mempengaruhi arus lalu lintas yang ada di belakang," terangnya.

BERITA TERKAIT