test

News

Senin, 25 Desember 2023 16:06 WIB

Sambangi Commad Center Korlantas Polri, Menko PMK Pantau Arus Lalin Nataru

Editor: Hadi Ismanto

Menko PMK, Muhadjir Effendy memantau arus lalu lintas saat Libur Natal dan Tahun Baru Command Center PJR Korlantas Polri. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy meninjau Command Center PJR Korlantas Polri KM 29, Senin (25/12/2023). Dia memantau langsung arus lalu lintas (lalin) saat libur Natal 2023 dan tahun baru 2024 (Nataru).

Muhadjir didampingi oleh Direktur Penegakkan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Raden Slamet Santoso dan Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi. Dari hasil pemantauan, kondisi lalu lintas meningkat di banding tahun lalu, tapi masih terpantau lancar.

"Pagi ini saya berkunjung ke KM 29 Command Center dari Korlantas Polri kondisi lalu lintas lancar tidak ada kendala, memang ada kenaikan dibanding Natal tahun lalu tetapi masih bisa diatasi," ungkap Menko PMK Muhadjir Effendy.

Muhadjir mengatakan, terdapat kendaraan yang mengalami mogok di jalan sehingga diperlukan perhatian khusus bagi pengendara sebelum melakukan perjalanan.

"Jadi kemarin tanggal 23 Desember 2023, Jakarta-Cikampek ada 39 kendaraan mogok mulai dari kekurangan bahan bakar, as-nya patah, dan ban kempes, sementara di MBZ ada 14 (kendaraan) dan ini tidak terjadi tahun lalu," tuturnya.

Muhadjir mengimbau khususnya pada pengendara sebelum melakukan perjalanan untuk mengecek betul kendaraannya. Disarankan kendaraan dalam keadaan prima.

"Cek betul kondisi ban, BBM, mesin, semua dicek betul jangan sampai ada gangguan. Misalnya ada kendaraan mogok satu kita bisa ngitung itu antrian dalam satu jam berapa nanti mobil yang di belakangnya tidak bisa lewat, apalagi kalau itu dalam posisi arus contraflow," jelasnya.

Selanjutnya, Menko PMK menambahkan saat ini Korlantas Polri sudah mulai mengarahkan perhatiannya terhadap destinasi wisata yang akan dikunjungi. Dia mengimbau masyarakat cermat dalam memilih lokasi wisata.

"Berdasarkan pantauan dari Korlantas jalur ke arah puncak semakin padat, begitu juga dengan wilayah Ancol, sementara untuk Ragunan masih relatif sepi (agar) nyaman untuk tempat wisata," tukasnya.

BERITA TERKAIT