test

News

Sabtu, 30 Desember 2023 12:04 WIB

Catat, Begini Rencana Rekayasa Lalu Lintas Arus Balik Tahun Baru

Editor: Hadi Ismanto

Korlantas Polri akan menerapkan rekayasa lalu lintas di beberapa Jalan Tol saat arus balik libur Natal dan Tahun Baru. (Foto: PMJ News/Instagram NTMC Polri)

PMJ NEWS - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan menerapkan rekayasa lalu lintas di beberapa Jalan Tol untuk mengurangi kepadatan volume kendaraan saat arus balik libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Rekayasa lalu lintas yang akan diberlakukan antara lain contraflow dan one way atau satu arah. Kebijakan ini akan dimulai pada Senin, 1 Januari 2024 mendatang. Namun, sifatnya situasional dan tergantung kondisi lalu lintas di lapangan.

"Pelaksanaan Contraflow/Oneway bersifat situasional sesuai dengan diskresi kepolisian," tulis laman akun Instagram @ntmc_polri seperti dikutip pada Sabtu (20/12/2023).

Berdasarkan uanggahan tersebut, rencana penerapan rekayasa lalu lintas pada masa arus balik libut tahun baru mulai diberlakukan pukul 14.00 WIB sampai dengan 24.00 WIB.

Berikut beberapa lokasi yang rencananya akan diterapkan contraflow dan one way, antara lain:

1. Kendaraan dari GT kalikangkung yang akan menuju Jakarta dilakukan rekayasa lalu lintas One Way dari dari KM 188 GT Palimanan utara sampai dengan KM 72 Cikampek.

2. Dilanjutkan Contraflow dua jalur dari KM 72 sampai dengan KM 47.

3. Dari KM 47 sampai dengan KM 36 dilakukan Contraflow satu jalur.

4. Kendaraan dari Bandung ke arah Cirebon dan Jawa Tengah melewati Tol Cisumdawu akan dikeluarkan di exit Ujung Jaya-Majalengka-Cirebon Palimanan 3.

5. Kendaraan dari Jakarta yang akan menuju Cirebon dan Jawa Tengah melewati Tol Jakarta-Cikampek akan keluar di Gate Cikopo KM 72 melewati Purwakarta Jalan Arteri dan bisa masuk kembali ke tol melalui gate Palimanan 3 atau Plumbon.

BERITA TERKAIT