test

Kesehatan

Sabtu, 13 Januari 2024 11:06 WIB

Dikenal Sebagai Obat Alami, Ini Lima Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Daun sirih sudah sejak lama digunakan sebagai obat alami untuk mengobati sejumlah gangguan kesehatan. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Daun sirih sudah sejak lama digunakan sebagai obat alami untuk mengobati sejumlah gangguan kesehatan. Tidak hanya untuk menyehatkan fisik, daun sirih juga dapat menyehatkan mental.

Dalam 100 gramnya, daun sirih mengandung 1,3 mikrogram yodium, 4,6 mikrogram kalium, 1,9 mol atau 2,9 mcg vitamin A, 13 mikrogram vitamin B1, dan 0,63 hingga 0,89 mikrogram asam nikotinat.

Seperti dilansir dari laman Health Shots, Sabtu (13/1/2024), berikut sederet manfaat daun sirih untuk kesehatan tubuh. Simak pembahasannya:

1. Bantu Atasi Sembelit
Daun sirih dianggap sebagai pembangkit tenaga antioksidan yang menjaga tingkat pH normal dalam tubuh dan meredakan masalah yang berhubungan dengan perut. Salah satunya yakni bermanfaat dalam mengatasi sembelit.

Untuk meredakan masalah perut, daun sirih dihaluskan dan direndam semalaman dalam air. Setelah bangun tidur di pagi hari, saring airnya dan minum saat perut kosong.

2. Menjaga Kesehatan Mulut
Ahli gizi selebriti Shweta Shah mengatakan daun sirih memiliki sifat antiseptik alami yang membantu mencegah pertumbuhan bakteri di mulut dan meningkatkan kebersihan mulut.

Selain itu, sirih mengandung banyak sifat antimikroba yang meredakan bau mulut, gigi menguning, plak, dan kerusakan gigi. Mengunyah sedikit pasta yang terbuat dari daun sirih setelah makan bermanfaat bagi kesehatan mulut.

3. Bantu Atasi Sakit Pernafasan
Daun sirih juga bermanfaat untuk pengobatan penyakit pernafasan seperti batuk, bronkitis, dan asma. Senyawa yang ditemukan di daunnya membantu meredakan hidung tersumbat dan meningkatkan pernapasan.

4. Meredakan Stres
Mengunyah daun sirih dapat meredakan stres dan kecemasan. Kandungan senyawa fenolik yang ditwjukan dalam daun sirih membantu melepaskan senyawa organik katekolamin dari tubuh.

Hal ini menenangkan tubuh dan pikiran. Oleh karena itu, mengunyah daun sirih dapat membantu menghindari perubahan suasana hati yang sering terjadi.

5. Mencegah Diabetes
Daun sirih memiliki sifat antihiperglikemik yang berfungsi mengendalikan masalah gula. Daun sirih mencegah peningkatan jumlah glukosa dalam darah. Penderita diabetes tipe 2 mendapat manfaat dari mengunyah daunnya saat perut kosong di pagi hari.

BERITA TERKAIT