test

News

Kamis, 18 Januari 2024 14:05 WIB

Menhub: Pergerakan Masyarakat Selama Libur Nataru 126 Juta Orang

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat memberikan keterangan pers. (Foto: Dok PMJ News)

PMJ NEWS - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyebut angka kecelakaan pada periode liburan Natal 2023 dan tahun baru (Nataru) menurun dibanding tahun sebelumnya. Angka ini tidak jauh berbeda dari prediksi Badan Kebijakan Transportasi (Baketrans) Kemenhub.

"Berdasarkan resume hasil positioning mobile data atau PMD yang dilakukan dari 16 Desember 2023 hingga 1 Januari, terdapat 126 juta pergerakan masyarakat ke luar provinsi maupun di dalam provinsi," ungkap Menhub Budi dalam rapat bersama Komisi V DPR, Kamis (18/1/2024).

"Artinya, prediksi yang dilakukan oleh Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan tidak meleset dalam jumlah tersebut. Adapun prediksi BKT Kemenhub mencapai 107 juta orang," sambungnya.

Selanjutnya, Budi mengatakan angka kecelakaan selama Nataru 2024 juga turun sebesar 12 persen dari angka 2023. Dia pun mengucapkan terima kasih kepada Polri, yang telah intens mengawal pergerakan masyarakat selama Nataru.

"Kecelakaan turun 12 persen dari sebelumnya 3.800 jadi 3.400. Ini juga indikator keberhasilan angkutan pelaksanaan Nataru ini berhasil," tuturnya.

"Dan saya ucapkan terima kasih, khususnya kepada teman-teman Polri, yang mengawal secara intensif pergerakan-pergerakan itu," imbuhnya.

BERITA TERKAIT